MENGENALKAN KUMAN & PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN KEPADA ANAK MELALUI BUKU, AKTIFITAS DAN TAYANGAN #2

| on
April 17, 2020

Halo!

Setelah di blog post sebelumnya saya sharing beberapa rekomendasi buku untuk mengenalkan kuman dan pentingnya menjaga kebersihan kepada anak, kali ini di bagian dua saya akan sharing beberapa aktifitas sederhana yang dapat dicoba di rumah untuk mengenalkan kuman dan pentingnya menjaga kebersihan kepada anak :) Semua aktifitas ini sudah dicoba juga dilakukan bersama Aliyah di rumah dan ternyata dapat membuat Aliyah paham pentingnya menjaga kebersihan dan mencuci tangannya terutama dengan menggunakan sabun. 

  • Hus-Hus Kuman Pergi

Aktifitas ini sebenarnya sudah banyak banget di sharing di media sosial, dan teman-teman mama mungkin juga sudah banyak yang tau ya :) Melalui aktifitas ini, Aliyah jadi punya bayangan wujud dari kuman di tangannya kira-kira sekecil apa (lebih kecil dari serbuk lada/ glitter) dan bagaimana sabun pencuci tangan dapat bekerja mengusir kuman dari tangannya :) Kita hanya perlu menyiapkan serbuk lada/ glitter yang ditaburkan di atas air yang sudah dituang pada piring makan serta sabun cuci tangan. Piring makan yang digunakan sebaiknya yang cenderung lebar dan rata agar serbuk lada/glitter akan lebih jelas terlihat saat menyebar :)

Jadi step by step nya adalah pertama celupkan jari tangan anak kedalam piring yang berisi serbuk lada/glitter. Setelah serbuk lada/glitter menempel di jari, celupkan jari anak ke dalam cairan sabun pencuci tangan. Lalu celupkan kembali jari anak ke dalam piring. Nanti akan terlihat serbu lada/glitter yang diumpakam sebagai kuman akan menyebar menjauhi jari anak karena cairan sabun pencuci tangan :)

Oh iya setelah dicoba, ternyata aktifitas ini hanya dapat dilakukan satu kali. Saat saya dan Aliyah mencoba mencelupkan jari kembali untuk kali kedua, ternyata sudah ga ngefek apa-apa hehehe, jadi kami kembali menyiapkan step by step nya dari awal lagi :) Efeknya bagaimana untuk Aliyah? Aliyah jadi lumayan paham banget pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun :)

  • Germs Puppets

Sebenarnya aktifitas ini berawal hanya dari mewarnai gambar kuman. Saya coba search gambar kuman yang agak gemas untuk diwarnai oleh Aliyah. Berhubung kami tidak ada printer di rumah, jadi saya coba gambar sendiri (Alhamdulillah gambarnya sederhana, jadi ga seberapa bikin pusing pala mamak :')) Aliyah suka sekali dengan gambar kumannya dan sangat antusias saat mewarnai. lalu tiba-tiba dia punya ide dengan mengambil beberapa stik ice cream, meminta saya untuk membantunya menggunting gambar lalu ia menempelkan si kuman gemas ini pada stik ice cream yang diambilnya.

Ternyata jadilah Germs Puppets, hihi. Nah, daripada Germs Puppets nya cuma dipegang-pegang begitu saja, akhirnya saya buat cerita ke Aliyah. Ceritanya sih sederhana saja, karena saya juga ga bakat mendongeng hehe. Kurang lebih intinya ada segerombolan kuman yang sedang berjalan-jalan mencari  tangan yang kotor. Lalu, kumannya menempel ke tangan Aliyah karena tangan Aliyah kotor (dilakukan dengan menempelkan puppetsnya ke tangan Aliyah).

Cerita setelahnya, Aliyah mencuci tangan dan kuman-kuman nya jadi ketakutan dan pergi (dengan pelan-pelan menurunkan puppets nya dari tangan Aliyah). Aliyah sendiri ternyata cukup menikmati cerita sederhanya dari Germs Puppets buatannya, hihihi. Oh iya puppetsnya sampai diberi nama sesuai bentuk/warnanya, ada kuman ulat, kuman stroberi, kuman durian, kuman kacang dan kuman cicak hahaha.

  • Germs Straw Blow Painting Art

Masih seputar aktifitas yang berhubungan dengan seni, kali ini kami mencoba membuat lukisan kuman. Dari contohnya, seharusnya aktifitas ini bisa diberi gambar mata dan tangan untuk lucu-lucuan tapi malah menjadi lukisan semi abstrak karya Aliyah, haha. Kalau melukis biasanya langsung dengan kuas dan cat, di aktifitas ini agak sedikit berbeda karena melukis dengan menggunakan sedotan :) Cara nya dengan menesteskan cat air di atas kertas dan dilakukan satu per satu lebih dulu. Lalu kita bisa meminta anak untuk meniupkan cat tersebut ke segala arah secara acak. Selain melatih imajinasi dan kreatifitas anak, aktifitas ini juga bagus banget untuk membantu melatih kemampuan oral motor anak dengan meniup sedotan (meniup salah satu stimulasi yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan berbicara pada anak :))

  • Benang Kuman

Nah, kalau aktifitas ini versi membuat DIY :) Beberapa anak mungkin kurang suka melakukan DIY, beberapa yang lain mungkin suka banget. Seperti Aliyah, yang sebenarnya kurang suka membuat DIY, tapi tetap dicoba dilakukan sebagai variasi aktifitas selama #dirumahaja. Cara membuat Benang Kuman ini sangat sederhana, benang wol (kalau ada, kalau ga ada pakai benang jahit juga gapapa :), atau tali-talian yang lain yang ada di rumah seperti pita, rafia, dll :)) lalu ditempelkan diatas kertas secara acak saja. Setelahnya bisa dihias dengan manik mata (kalau ga ada bisa pakai gambar mata dari kertas) diberi hidung dan tangan dari tali dengan warna yang berbeda. Bentuk hasilnya akan super gemas sih hehe. Melalui aktifitas ini, untuk adik-adik yang berusia 2-3 bisa belajar menempel dan menggunting  tali :)

  • I had A Flu

Masih di aktifitas versi membuat DIY, I Had A Flu adalah gambar anak yang ceritanya sedang bersin, hihi. Kita cukup menggambar figur si anak bersin (bisa disesuaikan juga dengan karakter anak kita :)) lalu meminta anak untuk mewarnai gambar figur tersebut. Versi saya dan Aliyah adalah gambar anak perempuan dengan poni :)) Gambarnya diwarnai oleh saya (karena Aliyah waktu itu lagi mager :')) lalu kami menempelkannya bersama-sama. Jangan lupa memberi lubang dibagian hidung ya, teman-teman mama :) Nanti kita tinggal ambil selembar tisu (boleh juga kain yang tidak terpakai :)), lalu meminta anak untuk memberi motif pada tisu seolah-olah kuman.

Cara mainnya sederhana, tinggal memasukkan tisu ke dalam lubang dan menariknya keluar sambil membuat suara bersin. Dari DIY I Had A Flu, Aliyah jadi bisa belajar kalau ia sedang bersin, ternyata ada kuman yang keluar dari dalam hidungnya. Aliyah jadi mengerti mengapa ketika ia sedang flu, ia harus menggunakan masker agar tidak menulari teman-temannya :) Satu-satunya tips versi saya dalam membuat DIY, untuk menghindari anak keburu cranky/ bosan saat menunggu kita menggambar, sebaiknya gambar dan bahan disiapkan lebih dulu ketika anak sedang tidur. Jadi saat bangung bisa langsung bebikinan deh :)


Nah, kelima aktifitas diatas adalah aktifitas yang dicoba dilakukan di rumah oleh saya dan Aliyah dalam mengenal kuman dan pentingnya menjaga kebersihan :) Kalau teman-teman mama punya aktifitas seru apa nih buat mengenalkan kuman dan pentingnya menjaga kebersihan ke anak? Yuk, share sama-sama disini, siapa tau bisa jadi ide untuk saya dan teman-teman mama yang lainnya :)

Semoga bermanfaat ya :)

Selamat bermain!


Be First to Post Comment !
Post a Comment