Belajar Warna, Bentuk, dan Menempel dengan kertas Origami

| on
March 13, 2018

Akhir-akhir ini saya sering bingung akan bermain apa lagi dengan Aliyah di rumah. Setiap hari Aliyah semakin aktif,  semakin menuntut untuk melakukan berbagai aktifitas,  indoor maupun outdoor. Terinspirasi dari acara televisi bayi yang mengenalkan bentuk dan warna,  saya kepikiran membuat juga. Kali ini dari bahan murah meriah kertas origami.  Selain Aliyah lebih mengenal warna dan bentuk,  melalui permainan ini Aliyah juga melakukan aktifitas menempel (karena Aliyah suka sekali menempel,  dan kalau beli buku stiker melulu,  bisa tekor mamanya :D).
Permainan ini juga membuat saya dan Aliyah saling berkomunikasi dengan cara sederhana. 
Selain itu,  aktifitas ini juga dapat melatih anak untuk lebih siap ketika masuk usia sekolah nanti,  karena kurang lebih aktifitas seperti ini juga diajarkan di sekolah. 

Berikut step by step membuatnya ya Ibu,  siapa tahu bisa dicoba juga dirumah :) Saya rekomendasikan aktifitas ini untuk anak usia pra sekolah :)

1. Siapkan bahan kertas origami berbagai warna. Saya membuat bentuk buah,  jadi saya pilih warna-warna sesuai buah-buahan saja.  Kertas origami yang saya gunakan ukuran 16x16 cm. 

2. Siapkan pensil,  gunting dan lem kertas. 

3. Lipat kertas origami menjadi 4 bagian, lalu digunting. Tujuannya sederhana,  supaya lebih hemat saja pakainya.  Haha. 



4. Gambar bentuk buah sesuai keinginan. Gambar juga detail daunnya ya.  

5. Beri lem di balik kertas untuk ditempel anak di media yang telah Ibu sediakan. Saya dan Aliyah menempel di tembok supaya Aliyah bisa lihat terus hasil karyanya. Kalau pakai lem kertas In Syaa Allah mudah untuk dilepas kembali.  Tapi kalau Ibu merasa sayang di tembok boleh juga di buku gambar atau papan tulis :)

6. Biarkan anak yang memberi lem,  dan menempel sesuai dengan keinginannya.  Miring sedikit juga tidak apa-apa :)




7. Beri titik-titik dengan spidol pada gambar buah agar lebih terkesan real.  Biarkan anak yang melakukannya :).

Jadi deh buah-buahan dari kertas origami nya. Jangan lupa, mainnya sambil bercerita ya Ibu, agar sekalian dapat mengembangkan daya imajinasi anak :) 

Semoga sharingnya memberi manfaat ya Ibu. 

Selamat bermain :)


Be First to Post Comment !
Post a Comment