MENGENALKAN KUMAN & PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN KEPADA ANAK MELALUI BUKU, AKTIFITAS DAN TAYANGAN #1

| on
April 14, 2020

Halo!

Di blog post kali ini, saya ingin berbagi tentang beberapa rekomendasi buku, aktifitas dan tayangan untuk mengenalkan kuman kepada si anak toddlers. Saya dan Aliyah sudah mencoba nya dan ternyata lumayan dapat membuat Aliyah mnegerti tentang bahaya kuman dan pentingnya menjaga kebersihan dirinya :) Blog post untuk judul ini akan terbagi di dalam tiga bagian. Nah, yang pertama adalah rekomendasi buku yang bisa dibaca bersama anak :)


  • What Are Germs? 
Buku ini adalah buku bacaan pertama Aliyah dalam mengenal kuman (virus, bakteri, dll). Buku ini bagus banget karena gambar di dalamnya sangat kanak-kanak dengan kalimat-kalimat yang sangat sederhana. Karena bukunya juga pop-up, jadi menambah daya tarik anak dalam membacanya.


Setelah membaca buku ini, Aliyah jadi punya gambaran imajinasi bagaimana sih bentuk kuman itu, dimana saja kuman biasa hidup dan singgah, apa yang tidak boleh dilakukan untuk menghindari kuman masuk ke dalam tubuh dan berbagai penjelasan sederhana versi anak-anak lainnya.


Saya sendiri tidak membeli buku ini, melainkan saya pinjam dari @pinjambukuanakdarrel , tempat saya biasa meminjam buku secara online :) Buku ini telah dua kali saya pinjam saking sukanya, hehehe.

ALSO READ: PINJAM BUKU ONLINE SURABAYA | @PINJAMBUKUANAKDARREL


  • Germs Make Me Sick!
Buku ini sebenarnya kurang disuka oleh Aliyah karena gambar ilustrasinya (ini cuma soal selera yaa :'D) Saya sendiri suka dengan isinya yang sangat detail.


Buku ini sama bagusnya dengan What Are Germs? bahkan cenderung lebih detail.  Dari judulnya, Germs Make Me Sick!, sudah ketahuan kalau buku ini ditulis dengan bahasa Inggris,  namun tanpa disertai terjemahan. Ceritanya tersusun dari kalimat yang panjang-panjang serta gambar ilustrasi yang sedikit lebih kompleks.


Buku ini mungkin lebih sesuai untuk si kakak yang duduk di bangku sekolah dasar. Sama seperti What Are Germs?, buku Germs Make Me Sick! juga saya pinjam dari @pinjambukuanakdarrel.


  • Cerita Si Korona
Mungkin sebagian dari teman-teman mama juga sudah sangat familiar dengan Cerita Si Korona. Pertama kali saya tau Cerita Si Korona dari grup Whatsapp. Cerita Si Korona ditulis oleh mbak Watiek Ideo dan mbak Luluk Nailufar sebagai ilustratornya. Ceritanya sangat sederhanya, ilustrasinya sangat anak-anak meski awalnya Aliyah sempat mengernyitkan dahi saat melihat Si Korona, namun buku ini bagus banget karena berhasil memberi gambaran ke Aliyah apa sih Korona yang selalu disebut oleh saya, baba nya bahkan tontotan di televisi.


Dari buku ini, Aliyah jadi mengerti mengapa ia tidak bersekolah dan tidak keluar rumah (dalam konteks ini, Aliyah sudah lebih dulu membaca What Are Germs? Oh iya, Cerita Si Korona milik saya adalah hasil print dari file PDF yang legal dibagi oleh penulisnya :) Saat ini sudah tersedia buku nya dengan harga yang sangat terjangkau untuk versi yang lebih awet disimpan :) Sampai sekarang mbak Watiek Ideo dan mbak Luluk Nailufar terus menulis kelanjutan dari Cerita Si Korona dan rutin mengupdate nya di akun instagram mereka :)

Ga banyak ya ternyata rekomendasinya? hehee. Meski cuma tiga buku, tapi ternyata ketiga buku tersebut lumayan dapat memberi pemahaman kepada Aliyah tentang kuman dan pentingnya menjaga kebersihan. Versi Aliyah yang menjadi favorit adalah What Are Germs? Setelah membacanya, Aliyah jadi ga susah kalau disuruh cuci tangan, bahkan mulai sering sadar-sadar sendiri kalau rajin cuci tangan sangat penting untuk kebersihan dan kesehatan tubuhnya, hihi.

Nah, kalau teman-teman mama ada rekomendasi buku apa nih untuk mengenalkan kuman dan pentingnya menjaga kebersihan kepada anak? Yuk, share di komen siapa tau bisa jadi referensi saya dan teman-teman yang lain :)

Semoga bermanfaat ya :)






Be First to Post Comment !
Post a Comment