#SARONGISOURLIFESTYLE by TORAJAMELO

| on
April 24, 2019

Halo!

Kita semua pasti sangat bangga jadi orang Indonesia yang sangat kaya akan ragam budaya. Mulai dari ragam suku, bahasa, adat istiadat, kesenian, juga ragam sarung/kain tenun khas tiap daerah di Indonesia.

Salah satu sarung tenun khas milik Indonesia ini bernama kain endek yang berasal dari Bali. Endek berasal dari kata gendekan atau ngendek yang berarti diam/tetap.

Motif sarung endek sangat beragam. Beberapa motif sakral dan digunakan khusus untuk upacara keagamaan. Motif lainnya menggambarkan flora, fauna atau tokoh pewayangan Bali,  serta motif geometri dengan garis lurus, garis lengkung atau garis putus seperti yang saya pakai.

Makin bangga lagi dengan orang Indonesia karena sekarang sangat banyak yang suka pakai sarung tenun tidak cuma untuk acara khusus, tapi juga untuk acara kasual sehari-hari tanpa mengurangi nilai budaya sarung itu sendiri, pokoknya #sarongisourlifestyle :)

Btw, sarung endek yang di foto ini milik Ibu saya. usia nya pun sudah bertahun-tahun. Saya coba jadiin penutup kepala seperti hijab, bagus ga? Hehe.

Kalau teman-teman biasanya sarung tenunnya dipakai gimana? Yuk share sama-sama disini :)

Semoga bermanfaat ya!

#Sarongisourlifestyle
#Torajamelo

Be First to Post Comment !
Post a Comment