Sayap Ayam dengan Skippy® Creamy Peanut Butter

| on
April 27, 2018

Halo Ibu, apa kabar? Semoga sehat dan selalu semangat ya, Bu :)

Setelah beberapa blog sebelumnya saya selalu berbagi tentang tumbuh kembang anak, kali ini saya ingin berbagi tulisan tentang hal yang menjadi kesenangan semua orang, yaitu masakan. Horee! :)

Memasak atau menyediakan makanan bergizi untuk keluarga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seorang ibu rumah tangga atau wanita pada umumnya. Menyiapkan sarapan untuk suami, bekal untuk anak, makan siang dan makan malam telah menjadi rutinitas Ibu setiap hari nya. Berbagai pilihan menu dan resep bergizi selalu dicari sebagai variasi dalam menyiapkan makanan agar keluarga tidak mudah bosan. Saya sendiri biasanya senang memasak dengan menu dan resep yang bahan-bahannya sudah tersedia di rumah dan mudah membuatnya, hehe.

Soal bahan-bahan yang sudah tersedia, kebetulan di rumah saya lagi ada stok selai kacang Skippy. Sejak kecil saya senang mengkonsumsi selai Skippy. Ayah saya yang sering membelikannya saat kami berbelanja ke swalayan. 


"Dulu, bahkan sampai sekarang, saya dan keluarga menikmati Skippy dengan cara yang sederhana yaitu diolesi di roti tawar. Sering juga cukup disendok dan langsung masuk mulut. Haha" 
Rasa selai Skippy memang enak, jadi dinikmati dengan cara sederhana saja sudah enak! Nah, kali ini saya kepikiran untuk mencoba membuat menu gurih yang enak dengan selai Skippy, sekaligus mengenalkan ke keluarga saya kalau selai Skippy juga dapat dinikmati dengan cara yang berbeda. Saya membuat Sayap Ayam dengan Skippy® Creamy Peanut Butter. Menu ini juga dapat jadi referensi Ibu untuk disajikan sebagai bekal untuk anak, menu utama untuk makan siang atau sekedar kudapan sore hari sambil mengobrol santai dengan suami atau teman. Boleh juga disajikan sebagai menu untuk sahur mengingat sebentar lagi In Syaa Allah kita akan memasuki bulan Ramadhan :) 


Resep serta cara membuatnya mudah dan sederhana :)

Sayap Ayam dengan Skippy® Peanut Butter



Bahan-bahan:


5 buah sayap ayam, dipotong menjadi dua bagian (jadi 10 potong)

4 sdm Skippy® Creamy Peanut Butter

3 sdm madu

3 siung bawang putih (haluskan)

3/4 buah bawang bombay (iris)

1 sdm kecap asin

1 sdm air lemon

1/4 sdt thyme (opsional)

1/2 sdt lada hitam

Garam secukupnya

Gula  semut (brown sugar) secukupnya (opsional)



Cara membuat:

1. Pertama-tama siapkan mangkok wadah, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan.


2. Kemudian masukkan secara berturut-turut selai Skippy, madu, kecap asin, air lemon. Aduk semua bahan sampai merata.

SELAI SKIPPY

MADU


KECAP ASIN

LEMON

3. Bumbui adonan dengan lada hitam, thyme dan garam. Jangan lupa tes rasa ya Bu :)


4. Masukkan sayap ayam ke dalam adonan bumbu. Campur sayap ayam dengan adonan bumbu. Pastikan bumbunya merata ke seluruh bagian daging sayap ayam, ya!


5. Masukkan bawang bombay, aduk adonan ayam agar bawang bombay merata sampai ke bagian bawah.


6. Tutup mangkok wadah dengan plastik cling wrap, atau boleh juga dipindahkan ke wadah plastik dengan tutup diatasnya.

7. Simpan di dalam kulkas -/+ 1,5 jam atau semalaman agar bumbu meresap sampai ke dalam daging ayam.

8. Siapkan pinggan oven dan lapisi dengan aluminum foil agar bumbu tidak lengket di pinggan.

9. Setelah ayam didiamkan selama 1,5 jam atau semalaman, keluarkan dari kulkas. Atur ayam di atas pinggan oven. 


10. Taburi ayam dengan sedikit gula semut untuk memberi tampilan yang mengkilat pada ayam.

11. Panggang ayam dengan suhu 170°C , selama 30-35 menit (oven tidak perlu dipanaskan lebih dulu).

12. Setelah matang, keluarkan ayam dan siap ditata di piring sesuai selera :) 


YIPPEE!™ Jadi deh, Sayap Ayam dengan Skippy® Creamy Peanut Butter! Sederhana dan mudah dibuat kan, Bu? :)


Berikut beberapa tips yang dapat saya bagi dalam memasak Sayap Ayam dengan Skippy® Peanut Butter:

1. Saya menggunakan Skippy® Creamy Peanut Butter karena tekstur lembutnya dapat mudah meresap ke dalam daging ayam.

2. Penambahan thyme di dalam resep adalah opsional ya Bu. Thyme merupakan satu bumbu rempah dengan aroma yang cukup kuat. Jadi, bisa cukup dipakai sedikit saja, atau jika Ibu menyiapkan sebagai bekal anak, boleh juga tidak memakai thyme dan lada hitam nya :)

3. Lebih baik jika ayam didiamkan semalaman, karena rasa bumbunya jadi lebih keluar. Apalagi jika untuk bekal anak, saat pagi Ibu tinggal memasukkan ayamnya ke oven :)

4. Untuk taburan gula semut (brown sugar) secukupnya saja ya, Bu supaya rasa ayam tidak menjadi manis.

5. Ibu boleh mengganti sayap ayam dengan bagian ayam yang lain seperti paha atau dada. Namun tingkat kematangannya akan menjadi berbeda ya, Bu :) Bagian paha dan dada akan membutuhkan waktu panggang yang lebih lama karena tekstur dagingnya lebih tebal daripada bagian sayap.

6. Jika ingin tekstur ayam sedikit lebih kering diluar, setelah di oven, Ibu boleh panggang lagi ayamnya diatas wajan anti lengket yang telah diolesi sedikit margarin. Tidak perlu lama-lama ya Bu, cukup 5-8 menit :) 


Menu Sayap Ayam dengan Skippy® Creamy Peanut Butter ini mengandung protein yang cukup tinggi, jadi sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh sebagai sumber asupan energi. 

SELAI SKIPPY SUMBER PROTEIN TINGGI
"Selai Skippy yang terbuat dari bahan dasar kacang merupakan sumber protein nabati yang cukup tinggi".
 Menurut para ahli gizi, protein dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Protein juga merupakan sumber energi utama bagi tubuh setelah karbohidrat. Menu dengan protein tinggi baik dikonsumsi saat pagi atau siang hari untuk memenuhi kebutuhan energi kita saat beraktivitas. Dapat juga dikonsumsi saat malam hari untuk kebutuhan energi sepanjang malam :) 



"Walaupun terbuat dari kacang, ternyata selai Skippy tidak mengandung kolesterol! "

Selai Skippy bebas kolesterol, jadi aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Pada faktanya, kacang tanah bahkan baik untuk membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. 


Oh iya, untuk selai Skippy sangat mudah didapatkan ya Bu. Biasanya tersedia di swalayan, hypermarket bahkan toko bahan kue. Di Indonesia, varian selai Skippy tidak hanya Skippy® Creamy Peanut Butter saja, ada Skippy® Chunky Peanut Butter, Skippy® Chocolate Stripe Peanut Butter, Skippy® Strawberry Stripe Peanut Butter dan Skippy® Grape Stripe Peanut Butter, semuanya tersedia dalam dua ukuran yaitu 340 gr dan 530 gr. Di luar negeri bahkan lebih banyak lagi variannya. Semoga varian selai Skippy lain bisa segera masuk ke Indonesia (doa penggemar selai Skippy, hihi). 


Selai Skippy diproduksi oleh Hormel Foods, perusahaan asal Minnesota, Amerika Serikat. Hormel Foods sendiri telah menjual berbagai produknya di 70 negara di dunia, dengan 40  lokasi pabrik dan distribusi. Selai Skippy adalah hasil produksi Hormel Foods dari pabrik yang berada Shandong, China. Lebih dari 90 juta botol selai Skippy diproduksi setiap tahun! Untuk masuk ke Indonesia, selai Skippy diimpor oleh PT. Sukanda Djaya, Jakarta.


Semakin yakin ya, kalau selai Skippy memang selai kacang favorit. Selai Skippy varian apa yang jadi favorit Ibu?


Selamat mencoba resep Sayap Ayam dengan Skippy® Creamy Peanut Butter nya! Jangan lupa di cek stok selai Skippy nya masih ada atau sudah habis ya Bu. Segera beli kalau sudah menipis! hihi.


Info produk selai Skippy dan inspirasi resep lainnya bisa Ibu dapatkan di situs resmi  selai Skippy, dan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.


Semoga resep dan informasi yang saya bagi dapat memberi manfaat ya Bu :)


Selamat memasak!


Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.


Ulasan tentang Hormel Foods: www.hormelfoods.com















Be First to Post Comment !
Post a Comment