Main-main dengan Buku Crafty Kids, 10 Easy & Fun Projects for Toodlers

| on
April 13, 2018


Akhir bulan Maret kemarin Alhamdulillah saya dapat rejeki hadiah dari Tim #Bikinbikinditamanbikinseminar atas tulisan saya di blog, Yeiy! Hadiah nya Buku Crafty Kids, 10 Easy & Fun Projects for Toodlers untuk Aliyah. Saat mas-mas kurir datang mengantar buku nya, Aliyah happy sekali langsung minta dibukain dan langsung minta main hihi..

Aliyah sedang dalam masa senang-senangnya menempel dan melepas rekatan. Jadi buku nya benar-benar pas untuk Aliyah. Buku untuk khusus di desain untuk anak usia toodlers (antara 2-5 tahun menurut saya). Pada intinya, buku ini melatih motorik halus anak melalui aktivitas menggunting dan menempel. Bagus nya, tiap halaman di desain dengan tema-tema yang berbeda, dan dapat memberi pembelajaran yang berbeda juga bagi anak. Beberapa tema dapat membantu anak belajar mengenal warna, bentuk dan motif (tema ice cream, balon, dan ikan). Halaman dengan tema binatang ( lebah, gajah, kepik dan monyet) dapat membantu anak mengenal bentuk, warna, sekaligus bagian-bagian tubuh binatang. Ada satu tema siang dan malam. Dua tema lain adalah bentuk 3 dimensi (bunga dan balon udara). Setiap tema sudah disediakan templates dan background untuk tempat menempelnya juga :)




Nah, kalau boleh share beberapa tips mainnya, nih..

1. Beberapa tema punya banyak detail yang harus digunting-gunting. Lebih baik jika kita gunting lebih dulu, saat anak tidur misalnya. Jadi kalau anak minta main, gambarnya sudah siap tinggal tempel-tempel saja. Soalnya kalau guntingnya barengan sama anak, seperti saya dan Aliyah, Aliyah keburu bosan menunggu, begitu selesai saya menggunting, Aliyah malah minta main yang lain :') Pada Aliyah case nya belum bisa menggunting dengan baik ya Bu. Jika anak Ibu sudah mahir menggunakan gunting (gunting anak) boleh banget anak yang menggunting sendiri polanya :)







 Tema kepik (lady bug) yang agak banyak detailnya.



 Tema bunga 3 dimensi yang juga banyak detailnya. Dua tema ini belum dimainin sama Aliyah :)







2. Mainnya boleh sambil cerita dan berimajinasi. Tema Ice cream misalnya, saya dan Aliyah berpura-pura menjadi pembeli dan penjual ice cream, bahkan Aliyah sampai pura-pura menjilat ice cream nya hahaha.  Di tema binatang, monyet dengan background pisang, saya dan Aliyah bermain tebak-tebakan menyebutkan bagian wajah monyet sekaligus saya juga cerita ke Aliyah gambar pisangnya karena monyet suka makan pisang. Di tema siang dan malam, kita juga boleh bercerita perbedaan siang dan malam, memberi contoh aktivitas-aktivitas yang biasanya dilakukan anak di siang hari dan aktivitas-aktivitas yang dilakukan di malam hari.



3.Gambar temanya juga boleh ditambahin gambar, misalnya di tema ikan ditambahin gambar mata. Ini gambar mata di ikan, hidung dan mulut di monyet, motif garis di belalai gajah semua Aliyah yang gambar :D Tidak perlu cemas gambarnya tidak sempurna, namanya juga anak masih belajar kan Bu :)





4. Mainnya boleh gantian antara dengan Ibu, Bapak atau orang lain :) Beberapa tema Aliyah main-main dengan Bapaknya. Di tema gajah Aliyah main dengan Ontik nya (adik saya) :) Sedikit banyak In Syaa Allah membantu hubungan kelekatan anak dengan orang lain selain Ibunya :)


5. Kalau sudah selesai, anak boleh tempel hasil karyanya dimana saja (yang dibolehin Ibu pastinya :D ) Aliyah suka tempel hasil karyanya di tembok. Bisa juga dijadikan pajangan di kamar di atas drawer (sebenarnya ingin pajang di tembok  dengan frame, hanya di rumah ada nya frame 4R :'))



Lumayan juga ya, dari satu buku dapat belajar banyak hal :) . Secara keseluruhan menurut saya buku ini cukup recommended untuk mengisi kegiatan anak di rumah :) Jadi kado untuk keponakan atau anak teman juga bagus :)



Semoga sharingnya memberi manfaat ya Bu. Oh iya untuk liat-liat buku yang lain langsung ke akun IG nya Crafty Kids @craftykids.id ya Bu :)

Selamat bermain! 









 

Be First to Post Comment !
Post a Comment