REKOMENDASI SHAMPOO UNTUK RAMBUT BERHIJAB: WARDAH SHAMPOO DENGAN SCALPCARE TECHNOLOGY

| on
January 12, 2022

 


Assalamu'alaikum. 

Halo! 

Apa kabar teman-teman mama? Semoga sehat selalu ya:) Di awal tahun 2022 ini, kondisi cuaca sedang ekstrim ya sepertinya. Di daerah tempat tinggal saya, di Sidoarjo, akhir-akhir ini saat siang hari terasa panas sekali. Lalu tiba-tiba di malam hari hujan turun dengan derasnya. 


Saat cuaca sedang panas di siang hari, ada satu hal yang selalu membuat saya merasa kurang nyaman. Saya sering merasa sangat gerah. Gerah yang benar-benar gerah sampai keringetan gobyos, gitu. Merasa kegerahan di saat cuaca sedang panas rasanya memang selalu menjadi permasalahan umum banyak orang ya, :")) 


Sebagai wanita berhijab, cuaca panas dan rasa gerah memberi tantangan tersendiri bagi saya, terutama untuk kulit kepala dan rambut saya. 


"Kepala dan rambut yang sering tertutupi oleh hijab membuat kondisi rambut dan kulit kepala saya menjadi lebih rentan terhadap permasalahan rambut dan kulit kepala".


Ketombe, rambut rontok, bau apek, gatal dan mudah lepek, semua sudah saya alami. Bergonta-ganti produk shampoo juga sudah saya lakukan untuk menemukan shampoo yang benar-benar berjodoh dengan permasalahan rambut yang saya alami. 


Alhamdulillah, beberapa waktu belakangan saya akhirnya menemukan salah satu shampoo yang tergolong cocok bagi permasalahan rambut dan kulit kepala yang saya alami. Awal mula saya mengetahui merek shampoo ini adalah dari adik saya. Ia lebih dulu menggunakannya, dan saat saya berkunjung ke rumah mama saya, saya pun ikut mencoba menggunakannya, hehe. Saya senang sekali karena shampoo ini memberi kesan 'wah boleh juga nih' bagi saya :)) 


Oleh karena itu, di blog post kali ini, saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan produk shampoo yang memang dikhususkan untuk rambut wanita berhijab tersebut kepada teman-teman mama :) Semoga sharing saya di blog post kali ini dapat membantu memberi rekomendasi bagi teman-teman mama yang sedang mencari produk shampoo yang 'oke' untuk wanita berhijab ya :) 


Wardah Shampoo


Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan Wardah, salah satu brand kosmetik ternama tanah air. Sebagai penggemar Wardah, adik saya pastinya tidak ketinggalan untuk mencoba Wardah Shampoo, produk shampoo terbaru dari Wardah. Biasanya, apapun yang adik saya pakai, saya juga ikutan untuk coba pakai, ehehe. Boleh dibilang, karena adik saya, maka saya ikut menjadi salah satu penggemar produk Wardah dan rasanya seru sekali saat kami saling memberi update tentang produk Wardah terbaru. Begitu pula dengan Wardah Shampoo. 


Berdasarkan artikel yang saya baca, Wardah memang mengeluarkan produk Wardah Shampoo, yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan dan membantu mengatasi masalah rambut wanita berhijab. Dari riset yang dilakukan oleh Wardah yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada, ada satu temuan, yang mungkin kita semua juga tidak sadar akan hal ini, yaitu kondisi kulit kepala wanita yang berhijab ternyata memang berbeda dari kondisi kulit kepala orang lain pada umumnya. 


Kita sama-sama cari tau ya, sebenarnya, apa saja sih yang membedakan kondisi kulit kepala wanita berhijab dengan orang lain pada umumnya? Berikut perbedaannya menurut hasil riset yang dilakukan oleh tim Wardah;


1. Kondisi kepala yang dapat tertutup oleh hijab menyebabkan kulit kepala wanita berhijab lebih mudah berkeringat dan kehilangan kadar air. Kondisi seperti inilah yang akhirnya membuat kulit kepala menjadi kering, gatal, akar rambut tidak kuat dan mudah berketombe karena kulit kepala memproduksi lebih banyak sebum untuk menghindari kekeringan (water loss) sedangkan sebum adalah salah satu makanan lezat bagi bakteri ketombe.


2. Kondisi rambut yang tertutup oleh hijab menyebabkan adanya ketidakseimbangan micro bacteria pada kulit kepala wanita berhijab. Kondisi ini merupakan akar permasalahan dari berbagai masalah rambut dan kulit kepala seperti berketombe, rambut rontok, bau apek, gatal dan lepek. 


Menurut saya, kedua poin di atas memang benar saya alami sebagai wanita berhijab. Kondisi kulit kepala saya menjadi sedikit lebih sensitif jika dibandingkan saat saya belum mengenakan hijab. Namun hal tersebut  tidak boleh menjadi halangan untuk menutup kepala dengan hijab sebagai bentuk menjalankan perintahNya sebagai wanita muslimah :) Oleh karena itu saya dan teman-teman mama yang juga mengenakan hijab perlu menemukan shampoo yang cocok bagi kulit kepala wanita berhijab :) 




Nah, kembali ke Wardah Shampoo :) Masih dari artikel yang saya baca, Wardah Shampoo dikembangkan oleh Wardah untuk memenuhi kebutuhan wanita berhijab melalui 3 keunggulan utama;


1. Wardah Shampoo dikembangkan dengan SCALPCARE TECHNOLOGY, teknologi khusus yang diciptakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala yang tertutup hijab. 


2. Alih-alih menggunakan SLS (Sodium Lauryl Sulfate, bahan detergen yang biasanya digunakan pada produk sabun untuk efek membersihkan, namun pada beberapa orang bahan ini dapat menimbulkan reaksi alergi atau iritas pada kulit dan dapat menyerap kandungan minyak alami pada rambut sehingga menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi kering dan mudah gatal), Wardah Shampoo menggunakan Amino Micellar Cleansing sebagai pengganti SLS pada varian Hair Fall Treatment yang dapat membersihkan kulit kepala dengan sangat lembut tanpa memberi efek yang negatif seperti SLS. 


Amino Micellar Cleansing juga dapat membantu menjaga kandungan amino pada rambut, sebab 90% komponen rambut adalah protein yang biasa disebut dengan keratin, yang terdiri dari 18 jenis asam amino. Asam amino ini yang dapat membuat rambut kita terasa lebih lembut dan tidak mudah kering. Intinya, kandungan Amino Micellar Cleansing pada Wardah Shampoo varian Hair Fall Treatment dapat membuat kulit kepala semakin bersih sekaligus merawat rambut kita untuk tetap terasa lembut. 


3. Pada semua varian Wardah Shampoo ada kandungan Natural Antibacterial Infused yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab berbagai masalah rambut dan kulit kepala seperti ketombe, rambut rontok, bau apek, gatal dan lepek. Setiap varian dari Wardah Shampoo mengandung Natural Antibacterial Infused yang berbeda sesuai dengan manfaat dari tiap varian. 


Wardah Shampoo Anti Dandruff mengandung Peppermint Extract dan Tea Tree Oil. 


Wardah Shampoo Hair Fall Treatment mengandung Rosemary Extract dan Ginseng. 


Wardah Shampoo Nutri Shine mengandung Moroccan Argan Oil dan Grapeseed Extract. 


Wardah Shampoo Daily Fresh mengandung Aloe Vera Extract dan Peppermint Extract. 


Personal Experience Wardah Shampoo Anti Dandruff





Dari keempat varian Wardah Shampoo, saya memutuskan untuk mencoba Wardah Shampoo Anti Dandruff. Mengapa? Karena kondisi kulit kepala saya begitu sensitif. Jika kurang cocok dengan shampoo tertentu, maka kulit kepala saya akan sangat mudah berketombe. Shampoo yang saya gunakan sebelumnya, tidak begitu menimbulkan ketombe namun menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala saya, dan rambut saya rasanya lebih lepek dan cepat berbau. 


"Kamu sudah keramas belum sih?" Kata suami saya sekali waktu. Padahal waktu itu saya sudah keramas :') "


Nah, saat mencoba Wardah Shampoo Anti Dandruff saya berharap agar rambut saya selain tidak berketombe, juga menjadi lebih wangi dan tidak mudah lepek. 


Lalu bagaimana setelah mencoba Wardah Shampoo Anti Dandruff selama kurang lebih satu minggu? Sebelum saya menceritakan efek Wardah Shampoo ke rambut saya, kita coba ulas produknya lebih dulu bersama-sama ya :) 


Wardah Shampoo Anti Dandruff


Common Ingredients

Scentlock Fragrance, Peppermint Extract, Tea Tree Oil, Double Zinc Actives (Zinc PCA) 


Manfaat / Claim


Paduan bahan aktif naturalnya bekerja secara multiaksi, kandungan Peppermint  Extract membuat kulit kepala terasa dingin dan menenangkan, Tea Tree Oil membantu mengurangi ketombe , Double Zinc Actives ™ untuk melindungi kulit kepala dari ketombe, dan berfungsi sebagai sebum regulator, odor absorber dan antibacterial. 


Kemasan


Wardah Shampoo Anti Dandruff dikemas di dalam botol plastik berukuran 170 ml, dengan tutup flip yang mengunci secara rapat. Kuncian tutup flip nya menurut saya cukup rapat sehingga cairan shampoo tidak mudah tumpah dan tergolong aman untuk dibawa bepergian.

 


Untuk kemasan Wardah Shampoo Anti Dandruff berwarna kebiruan dengan tutup flip berwarna putih dan dilengkapi dengan stiker penanda "New Scentlock Fragrance ™. 




Cara Pakai


Rasanya sedikit awkward jika menjelaskan bagaimanan cara pakai shampoo, karena semua orang juga sudah bisa untuk cara memakai shampoo, hehehe. Kalau boleh berbagi cara pakai versi saya, jujur saya sempat mencoba memakai Wardah Shampoo Anti Dandruff setiap hari, hehehe. Saya ingin tau apakah rambut saya menjadi kering jika saya sering memakainya atau masih tergolong aman-aman saja. 


Dari pengalaman saya, sejauh ini, Wardah Shampoo Anti Dandruff cukup aman untuk digunakan setiap hari :)), meski begitu sebisa mungkin jangan setiap hari ya, karena akan berdampak kurang baik juga bagi kesehatan rambut jika kita keramas setiap hari dengan jenis shampoo apapun itu. 


Tekstur, Wangi dan Warna


Wardah Shampoo Anti Dandruff memiliki tekstur kurang lebih sama seperti shampoo pada umumnya yang berupa cairan namun agak kental. 



Cairan Wardah Shampoo Anti Dandruff berwarna putih susu, sama seperti varian Shampoo Wardah yang lain, terkecuali varian Wardah Shampoo Daily Fresh yang cairan shampoonya berwana bening. Sedangkan untuk wangi shampoonya menurut saya tergolong wangii (ada huruf 'i' nya dia biji berarti wanginya 'boleh juga nih' ehehe).


Experience 


Setelah kurang lebih selama satu minggu saya mencoba Wardah Shampoo Anti Dandruff, menurut saya shampoo  ini memberi efek yang bagus untuk kondisi rambut saya. Saat pertama kali menggunakan Wardah Shampoo Anti Dandruff kesan yang saya dapatkan pertama adalah rambut saya menjadi lebih wangi dari biasanya.


Wanginya benar-benar wangi yang sampai ke dalam pangkal rambut. Menurut saya tidak salah jika Wardah Shampoo memberi stiker klaim "New Scentlock Fragrance ™ karena memang shampoonya terbukti wangi dan wanginya cukup mengunci sampai ke bagian dalam rambut. 


Kedua, saya tidak merasakan gatal dan tidak timbul ketombe pada kulit kepala saya. Kedua hal ini penting bagi saya karena kulit kepala saya sangat sensitif pada produk shampoo dan timbulnya ketombe adalah tanda saya cocok atau kurang cocok pada satu shampoo. Karena tidak timbul ketombe, maka menurut saya Wardah Shampoo tergolong cocok bagi saya.

 


Lalu bagaimana dengan kondisi rambut saya yang mudah lepek? Meski Wardah Shampoo Anti Dandruff bukan varian khusus mengatasi rambut lepek, namun efek kandungan dari formulanya pada rambut saya membuat rambut saya tidak mudah lepek. 


Saya merasa kadar minyak pada rambut saya lebih terkontrol sehingga rambut saya terasa lembab namun tidak lepek. Jujur saya senang sekali untuk efek Wardah Shampoo yang membuat rambut saya tidak mudah lepek ini. Saya merasa lebih percaya diri saat berdekatan dengan suami saya *ehem :D



Berdasarkan pengalaman tersebut, menurut saya Wardah Shampoo Anti Dandruff tergolong  shampoo yang recommended untuk dicoba :) Meski kondisi kulit kepala tiap orang bisa saja berbeda satu sama lain, namun tidak ada salahnya untuk mencoba karena menurut saya formulanya benar-benar ringan, Scalpcare Technology nya bekerja dengan baik pada kulit kepala dan Natural Antibacterial Infused nya dapat membantu membunuh bakteri pada kulit kepala. 




Satu-satunya nya tips dari saya, jika teman-teman memiliki sensitifitas terhadap SLS, sebaiknya teman-teman mama mengunakan Wardah Shampoo Hair Fall Treatment yang tidak mengandung SLS :) 


Atau dapat juga mencoba dua varian lainnya yaitu Wardah Shampoo Daily Fresh dan Wardah Shampoo Nutrishine. 



Masing-masing varian memiliki manfaat yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan teman-yeman mama, seperti:


1. Wardah Shampoo Hair Fall Treatment, dengan Rosemary Extract dan Ginseng untuk mengatasi masalah rambut rontok. 


2. Wardah Shampoo Dandruff, dengan Peppermint Extract dan Tea Tree Oil untuk mengatasi masalah rambut yang berketombe. 


3. Wardah Shampoo Daily Fresh, dengan Aloe Vera Extract dan Peppermint Extract untuk menyegarkan rambut dan membuat rambut lebih lembut. 


4. Wardah Shampoo Nutrishine, dengan Argan Oil dan Grapseed Extract untuk menjaga kilau rambut dan mengatasi kerusakan pada rambut. 


Keempat varian Wardah Shampoo diatas bisa kita temukan dengan mudah di minimarket terdekat dengan kisaran harga Rp. 25.000


After all, setelah menggunakan Wardah Shampoo meski kadang terasa gerah karena cuaca yang panas di siang hari, saya tetap merasa nyaman karena rambut saya tidak mudah lepek dan berbau meski berkeringat dan tertutup hijab seharian. Tagline Wardah Shampoo, The Real Hijab Shampoo Expert. saya rasa tepat karena memang se-terbukti itu membantu permasalahan rambut pada wanita berhijab :) 


Kalau teman-teman bagaimana? Sudah sempat mencoba Wardah Shampoo juga? Yuk sharing pengalaman nya di kolom komentar :) 


Semoga bermanfaat ya :) 





















21 comments on "REKOMENDASI SHAMPOO UNTUK RAMBUT BERHIJAB: WARDAH SHAMPOO DENGAN SCALPCARE TECHNOLOGY"
  1. Sebagus itu memang produk2 nya wardah ya mom, apalagi inovasi scalpcare teknology nya ini bagus banget sih menurut aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mom, baguss bagus sih produknya Wardah 😍

      Delete
  2. Hai kak,ini Dennise.Aha,aku sudah pakai shampoo anti dandruff dari Wardah ini.Aku yang memang ketombean terkadang cocok-cocokan ya pakai shampoo anti dandruff.Pas untuk produk ini aku cocok,ketombe langsung ngacirrr...

    ReplyDelete
  3. Penting banget untuk jaga kesehatan rambu buat perempuan berhijab. Ga mau lah, ketika hijabnya di buka didepan suami ternyata muncul ketombe dan bau apek. Untung sekarang sudah ada Wardah Shampoo Hijab! Ga khawatir lagi deh sama bau apek dan ketombe.

    ReplyDelete
  4. Wah, samaan kita mbak. aku juga pake shampoo Wardah tetapi yang varian Hairfall Treatment Shampoo-nya. Maklum habis melahirkan rambutku rontok rada parah.

    ReplyDelete
  5. Kadang sebagai perempuan berhijab emang tricky bgt mba aku pun mencari shampoo tuh. alhamdulillah sudah ada wardah dengan teknologi scalpcare

    ReplyDelete
  6. Sebagai pengguna aneka skincare dan makeup Wardah aku mesti coba nih shampoonya
    Samaaa..aku bakal pilih Wardah Shampoo Anti Dandruff, karena kondisi kulit kepala yang sensitif dan mudah ketombean jika enggak cocok shampoonya.
    Cuz, coba nanti Wardah Shampoo, The Real Hijab Shampoo Expert.

    ReplyDelete
  7. Memang sangat sulit mencari shampo buat yang berhijab, harus benar-benar yang cocok, kalau tidak cocok rambut bisa berketomber

    ReplyDelete
  8. Baru tahu kalau Wardah ada produk shampoonya. Jadi pengen cobain yang anti dandruff, soalnya sejak berhijab rambut sering lepek, kadang berketombe

    ReplyDelete
  9. belum pernah cobain shampoonya wardah nih, jadi penasaran pengen coba karena menurutku untuk wanita berhijab wajib banget pilih shampoo yang sesuai biar gak gampang lepek.

    ReplyDelete
  10. menurut aku wardah tuh sebagai pelopor shampoo khusus berhijab aku sudah cobain yang anti dandruff dan daily fresh, bikin rambut jadi seger dan terasa dingin mba wl berhijab tapi kulit kepala tetap terjaga

    ReplyDelete
  11. Selama memakai hijab terkadang emang rambut bermasalah dan salah satunya emang berketombe dan gatal2 pada kulit kepala bkin gk nyaman bngt .aku pngin cobain nih samphoo Wardah siapa tau cocok untuk rambutku

    ReplyDelete
  12. Aku pernah hadiahin sahabat paket untuk rambut seperti Wardah ini. Lengkap dan emang jgga efektif sekali mba

    ReplyDelete
  13. Emang ya cuaca juga mempengaruhi keadaan rambut, apalagi buat yang berhijab. Kalo pas cuacapanas duh rambut kayaknya berasa keringatan dan lepek, enaknya kalo dapat sampo yang cocok buat yang berhijab. Jadi walau berhijab rambut dan kulit kepala tetep sehat terawat.

    ReplyDelete
  14. Riadiani.


    Boleh juga nih di coba sunsliknya.aq blm pakai sama sekali tapi aq baca2 bagus yah ternyata

    ReplyDelete
  15. kayaknya saya belum pernah pakai sampo wardah ini soalnya jarang ada di minimarket. nanti mau coba ah siapa tahu cocok buat rambutku yang rontok terus

    ReplyDelete
  16. Aku suka wanginya mba. Wardah Anti Dandruff ini bikin rambut aku seger meski berhijab seharian

    ReplyDelete
  17. Wardah emang dukung banget ya bagi para hijaber. Body care sampe rambut juga concern banget wardah ini. Salut deh dengan effort nya 😍

    ReplyDelete
  18. Aku udah pernah pake juga nih shamponya wardah, dan cocok emang buat yg berhijab, wanginya enak. Selain produk make upnya, yg rata2 cocok di aku, shampomya cocok bgt ternyata.

    ReplyDelete
  19. Wardah makin lengkap aja ya mbak produknya, dulu cuma make up aja, sekarang udah ada skincare, body Carenya, bahkan hair care samponya ini. Btw warna kemasan samponya khas wardah banget

    ReplyDelete