LEBIH SEHAT DAN KUAT DENGAN MADURASA FITKIDZ

| on
December 28, 2019

"Fitkidz fit itu asik"
Halo!

Apa kabar teman-teman mama? Bagaimana liburan nya kali ini? Semoga menyenangkan dan teman-teman mama beserta keluarga selalu dalam keadaaan sehat :) Liburan memang selalu menjadi momen yang paling ditunggu, begitu pun di keluarga kami. Menghabiskan waktu bersama baik di rumah ataupun dengan bepergian adalah kesempatan untuk menjadi lebih dekat satu sama lain. Bahagia rasanya kalau dapat berkumpul dan menghabiskan waktu terutama dengan anak. Berbagai kegiatan dilakukan untuk mengisi liburan agar anak tidak merasa bosan. Apalagi untuk anak seusia Aliyah. Kami sangat senang berkegiatan dengannya sambil bermain dan belajar bersama.

Di usia nya yang menginjak 4 tahun, dimana kemampuan fisiknya mulai berkembang dengan baik Aliyah sangat membutuhkan kegiatan yang memerlukan koordinasi otot-otot tubuhnya agar tumbuh kembangnya semakin maksimal. Maka dari itu, berenang menjadi salah satu kegiatan pengisi liburan favorit keluarga kami. Melalui kegiatan berenang diharapkan dapat membangun kekuatan otot tubuh Aliyah sekaligus dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh Aliyah.


Tidak selalu dilewati dengan bahagia, liburan pun kadang menyisakan rasa sedih. Teringat saat liburan beberapa bulan yang lalu, saya sempat mengajak Aliyah untuk berenang. Pulangnya ternyata Aliyah malah sakit. Badannya panas tinggi dan untuk recovery dari sakitnya biasanya Aliyah butuh waktu kurang lebih satu minggu untuk beristirahat di rumah. Kalau sudah begini, kami semua tidak hanya sedih namun juga bingung setengah mati. Orangtua mana yang tidak panik dan sedih kalau anaknya sakit :( 
"Aliyah itu perlu kamu kasih tambahan vitamin. Supaya  daya tahan tubuhnya lebih kuat " kata Ibu saya waktu itu.
Sebelumnya saya memang jarang memberi Aliyah multivitamin. Menurut saya, selama makanannya bergizi, Aliyah sudah mendapatkan cukup vitamin dari apa yang dimakannya. Namun, sepertinya selama ini saya salah. Aliyah semakin hari semakin bertumbuh. Belum lagi, terkadang Aliyah sedang tidak nafsu untuk makan dengan menu lengkap. Kalau sudah begitu, tentu asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuhnya tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Oleh karena itu, kecukupan nutrisinya perlu didukung dengan tambahan asupan multivitamin agar tubuhnya lebih sehat dan kuat terhadap virus. Apalagi kegiatannya lebih padat dari sebelumnya sejak ia bersekolah. Belum lagi kegiatan di luar sekolah seperti outbond atau berenang yang menjadi kegiatan favoritnya. Semua kegiatan tersebut tentu menuntut adanya daya tahan tubuh yang kuat.

Belajar dari pengalaman di atas, saya mulai instropeksi apa-apa yang selama ini salah sehingga Aliyah mudah terserang penyakit. Saya mulai menyadari bahwa Aliyah anak yang aktif sehingga ia jarang beristirahat. Anak kecil memang tidak pernah mengenal lelah. Mereka sangat asyik mengeksplorasi sekitarnya sehingga tidak bisa mengukur sampai mana tubuh mereka butuh diistirahatkan. Aliyah juga tidak pernah minum multivitamin untuk mendukung kecukupan gizinya. Akhirnya,
saya mencari tahu apa saja yang perlu saya lakukan untuk menjaga kesehatan Aliyah agar tidak mudah terserang penyakit.


Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan anak, diantaranya:
  • Memberi ASI Esklusif, dilansir dari wikipedia.com ASI (Air Susu Ibu) mengandung immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh anak melawan penyakit.
  • Memberi imuninasi, merupakan langkah awal untuk mencegah anak dari bahaya penyakit. 
  • Menjaga asupan gizi , memberi anak makananan yang padat gizi seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubu anak.
  • Memastikan anak cukup istirahat, istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan daya taha tubuh anak, mendukung tumbuh kembangnya serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Anak yan berusia 3-5 tahun memerlukan waktu tidur antara 10-13 jam setiap hari.
  • Menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan kaki, untuk mencegah anak terserang pnyakit seperti diare, flu, dan infeksi lainnya.
  • Memberi multivitamin, membantu melengkapi kecukupan gizi pada anak sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh anak agar lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.
Saya sendiri sudah mencoba untuk melakukan beberapa hal di atas seperti memberi ASI Ekslusif sejak Aliyah lahir sampai ia berusia 2 tahun, memberi imunisasi sejak Aliyah lahir, menjaga asupan gizi dari apa yang dimakan Aliyah sehari-hari, memastikan ia cukup istirahat seperti tidur di siang hari dan tidur tidak terlalu larut di malam hari. Dan yang terakhir adalah memberinya multivitamin sebagai tambahan asupan untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.

Mengapa Perlu Memberi Multivitamin Kepada Anak?

Pada dasarnya, untuk memenuhi kebutuhan vitamin di dalam tubuh anak bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan bahan makanan lain seperti protein dan lemak. Namun, adakalanya anak sedang tidak nafsu makan, atau merasa bosan dengan sayur atau buah-buahan. Pada saat seperti itu tentu asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh anak akan berkurang dan dikhawatirkan tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak.

Di sinilah peran multivitamin diperlukan untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Beragam manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin seperti meningkatkan daya tahan tubuh anak, menambah nafsu makan, membantu meningkatkan kecerdasan, dan manfaat lain yang dapat mendukung tumbuh kembang anak kita :)


Omong-omong tentang memberi multivitamin untuk Aliyah saya sempat bingung harus memberinya multivitamin seperti apa. Saya ingin multivitamin yang terbuat dari bahan alami, terutama madu yang sudah jelas sangat bermanfaat untuk kesehatan. Banyak multivitamin berseliweran di Instagram namun kebanyakan merek luar. Syukurlah akhirnya saya menemukan salah satu multivitamin anak dari hasil membaca review seorang teman. Beruntungnya lagi, multivitamin tersebut mengandung madu sebagai salah satu bahan alaminya.


Pilihan saya jatuh kepada Madurasa Fitkidz sebagai multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Aliyah. Brand Madurasa yang telah dikenal sejak dulu dengan berbagai pilihan produk madu yang berkualitas membuat saya percaya Madurasa Fitkidz multivitamin yang bagus dan aman untuk dikonsumsi Aliyah.

Semakin yakin lagi karena Madurasa Fitkidz mengandung bahan-bahan alami yang sangat bermanfaat seperti Madu, Vitamin C, Sari Phyllanthi, Temulawak, Sari Kurma, Lysine, EPA dan DHA, serta Vitamin B Kompleks. Yuk, kita cari tahu manfaat dari masing-masing bahan tersebut :)


Madu, cairan yang berasal dari lebah ini dikenal sangat kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Pada anak kecil, madu sangat bermanfaat sebagia sumber karbohidrat, Vitamin C dan Vitamin B, asam amino, zat besi, zinc dan kalium. Madu juga mengandung antioksidan flavanoid dan polifenol yang berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. 


Vitamin C, biasanya didapat dari dari mengonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Peranan Vitamin C di dalam tubuh untuk menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi karena merupakan antioksidan dan antihistamin alami. Vitamin C juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua peneliti di Texas Woman's University menemukan bahwa siswa yang tingkat Vitamin C nya di dalam darah lebih tinggi menghasilkan tes IQ yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat Vitamin C yang lebih rendah.


Sari Phyllanthi, atau juga dikenal dengan tumbuhan meniran. Meniran sejak lama telah dipercaya sebagai obat tradisional oleh masyarakat. Oleh karena itu meniran sering dibuat jamu untuk mengobati beberapa penyakit. Meniran berfungsi sebagai antibakteri atau antibiotik. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menyebutkan bahwa meniran mengandung immunostimulan/ immunomudulator yang berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.


Temulawak, rimpang yang dikenal mengandung kurkumin (zat warna kuning) yang bersifat sebagai analgesik , antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu temulawak juga mengandung Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B6, potasium dan zat besi. Temulawak juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak.


Sari Kurma, buah kurma yang seringnya dikonsumsi sebagai dessert ini ternyata sangat nutrisi. Mengandung kurang lebih 15 mineral, kurma dikenal memilik sifat terapeutik. Kandungan selenium di dalam kurma dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.  


Lysine, EPA, DHA. Lysine adalah salah satu asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga bisa didapatkan dari bahan makanan atau suplemen. Asam amino biasanya terkandung di dalam protein pada makanan seperti kacang-kacangan, telur, keju, daging, susu, dan protein hewani lainnya. Sedangkan EPA (Eicosa Pentaenoic Acid) dan DHA (Docosa Hexaenoic Acid) adalah lemak Omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan dan minyak rami. Kesemuanya adalah zat yang dibutuhkan untuk mendukung masa pertumbuhan anak



Vitamin B Kompleks, yang terdiri dari Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Vitamin B Kompleks biasanya terkandung pada beberapa sayuran hijau dan sumber protein seperti daging dan telur. Bagi anak-anak, Vitamin B Kompleks berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai koenzim yang berfungsi mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Madurasa Fitkidz



Jadi, Madurasa Fitkidz adalah suplemen atau multivitamin anak yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki nafsu makan anak. Diproduksi oleh PT Madurasa Unggulan Nusantara, perusahaan yang menjadi pelopor madu dalam kemasan pertama di Indonesia sejak tahun 1984, membuat Madurasa Fitkidz terjamin kualitasnya.


Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami, saya jadi tidak khawatir memberi Aliyah Madurasa Fitkidz multivitamin anak setiap hari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Oh iya, Madurasa Fitkidz ini berbeda dengan madu ya. Madurasa Fitkidz adalah multivitamin anak yang mengandung madu. Jadi cara mengonsumsinya harus sesuai dengan aturan pakai :)


Untuk anak-anak seusia Aliyah, 4 tahun cukup dikonsumsi sebanyak 1 kali 1 sendok makan per hari. Sedangkan untuk anak yang berusia 6 - 12 tahun dapat mengonsumsi Madurasa Fitkidz sebanyak 2 kali 1 sendok makan per hari :)


Jangan lupa sebelum diminum dikocok terlebih dulu ya :) Dan saat mengonsumsinya sebisa mungkin menggunakan sendok plastik yaa, karena madu akan menyebabkan korosi jika bertemu dengan bahan logam, seperti sendok stainles steel :)

Karena sifat Vitamin B yang mudah larut dalam air, maka waktu mengonsumsi Madurasa Fitkidz dapat dilakukan sebelum atau sesudah makan :) Kalau Aliyah biasanya mengonsumsi Madurasa Fitkidz setelah sarapan pagi.


Madurasa Fitkidz dikemas di dalam botol dengan tutup flip yang sangat praktis dan tidak mudah tumpah. Saya sendiri sempat mencoba membuka tutupnya dengan satu tangan saja, ternyata bisa dan benar-benar sangat mudah. Cukup membantu untuk ibu-ibu yang seringkali riweuh karena tangannya suka memegang beberapa benda secara bersamaan.


Untuk kebersihan dan keamanan kemasannya, botol Madurasa Fitkidz disimpan di dalam kotak karton dengan gambar desain dua anak, laki-laki dan perempuan, yang menarik. Berat bersih setiap kemasan adalah 140 gram. Dengan isi sebanyak itu, perkiraan saya, setiap botol Madurasa Fitkidz bisa habis dikonsumsi dalam jangka waktu 2-3 minggu (dengan takaran 1 Kali 1 sendok makan per hari).

Dari rasanya, Madurasa Fitkidz cenderung manis asam karena kandungan madu dan rasa jeruk yang menyegarkan. Aroma rimpang dan bahan alaminya juga tercium namun masih dapat diterima oleh anak-anak :)

Oh iya, Madurasa Fitkidz juga sudah terdaftar di Majelis Ulama Indonesia, jadi saya pribadi tidak khawatir memberinya kepada Aliyah karena InsyaAllah terjamin kehalalannya :)

Selain itu, Madurasa Fitkidz sangat mudah didapatkan di minimarket/supermarket terdekat dengan harga yang sangat terjangkau di kisaran Rp 20,000/ botolnya.

Manfaat Setelah Mengonsumsi Madurasa Fitkidz


Selama satu minggu terakhir Aliyah mengonsumsi Madurasa Fitkidz. Meski baru sebentar, namun manfaatnya mulai terlihat. Nafsu makan Aliyah mulai meningkat. Badannya lebih segar dari biasanya karena selain cukup istirahat, kebutuhan vitamin untuk tubuhnya juga terpenuhi dari mengonsumsi Madurasa Fitkidz.


Karena rutin mengonsumsi multivitamin Madurasa Fitkidz, saya tidak khawatir lagi untuk mengajak Aliyah liburan dan berenang. Kami sempat mengunjungi nenek nya di Kediri dengan menggunakan transportasi kereta api, dan di Kediri pun kami berkeliling seharian. Sepulangnya, Aliyah langsung saya ajak ke rumah Ibu saya untuk berenang.


Saya juga sempat membawa Madurasa Fitkidz saat Aliyah berenang, karena Aliyah belum sempat meminumnya di rumah :)) Dari kegiatan Aliyah selama liburan kali ini Alhamdulillah kondisi Aliyah masih fit sampai kami kembali ke rumah :)


Dari cerita saya diatas, terbukti Madurasa Fitkidz dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Aliyah :) Multivitamin Madurasa Fitkidz pilihan saya ternyata tepat. Semoga Aliyah tumbuh menjadi anak yang fit, daya tahan tubuhnya kuat, sehat, cerdas dan ceria, Dengan menjadi anak sehat dan kuat, InsyaAllah Aliyah semakin bebas belajar, bermain dan mengeksplor lingkungan di sekitarnya. Aamiin :)


Untuk info produk Madurasa Fitkidz atau produk Madurasa lainnya, teman-teman mama dapat mengunjungi website Madurasa dan  follow juga sosial media Madurasa di Facebook Page: Madurasa Official dan Instagram: @madurasa_official untuk mendapatkan update terbaru tentang produk dari Madurasa :) Madurasa Fitkidz, fit itu asik :) #fitkidzfitituasik #maduyamadurasa #madurasaFitkidz

Semoga bermanfaat :)







Disclaimer: Tulisan ini adalah tulisan yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan diikutsertakan di dalam lomba blog Menjadi Anak Sehat dan Kuat Bersama Madurasa Fitkidz. Semua tulisan dan konten di dalamnya adalah di luar tanggung jawab PT Madurasa Unggulan Nusantara.

Referensi:

Foto & Infografis: Ajeng Natassia
Produk Madurasa: https://www.madurasa.co.id
https://www.wikipedia.com
https://www.pngtree.com



19 comments on "LEBIH SEHAT DAN KUAT DENGAN MADURASA FITKIDZ"
  1. Saya juga pake Madurasa Fitkidz Bun, enak rasanya. Anak-anak suka.

    ReplyDelete
  2. Anakku juga minggu lalu pulang jalan-jalan demam 3 harian. Terus sampai sekarang aku juga terus kasih madu, alhamdulillah bagus khasiat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Madu emang bagus banget ya mba buat jaga kesehatan :) Semoga sehat selalu yaa mba :)

      Delete
  3. Madurasa Fitkidz adalah multivitamin berbahan alami, jadi aman di konsumsi..
    Semoga sehat terus anak-anak Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin :) Iya bener banget mbak, Madurasa Fitkidz bahan-bahan a alami jadi aman untuk anak-anak :)

      Delete
  4. Tosss kita Mba, samaan anakku juga suka banget sama madurasa Fitkidz. Dengan rasa jeruk yang enak, anak-anak dapat manfaat sehat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeiiiyy :) emang favorit anak-anak sih ini mbak :))

      Delete
  5. Aamiin untuk doanya yaa mom.

    Anakku juga lagi suka sukanya minum madu. Harus dinanfaatkan secara maksimal hehe soalnya kadang suka nood-mood-an. Btw Madurasa mengandung banyak zat bermanfaat yaah. Aku baru dengar beberapa Di antaranya

    ReplyDelete
  6. Ini madunya enak dan pastinya disukai si kecil. Jade acara ngasih minum madu ke anak2 ga pake drama

    ReplyDelete
  7. yang disuka dengan produk madu rasa itu karena mudah dijangkau dan harganya juga bersahabat ya mba 20.000 per botol, jadi pengen cobain juga deh

    ReplyDelete
  8. Madu emang bagus ya kualitasnya..
    Apalagi klo dipadu dgn multivitamin..
    Emang dibutuhkan anak anak ya, biar daya tahan tubuh terjaga

    ReplyDelete
  9. Multivitamin memang diperlukan karena daya tahan tubuh tiap orang berbeda. Pilihan dari madurasa yaitu madurasa fitkidz memang tepat apalagi untuk anak-anak. Cocok di musim seperti ini

    ReplyDelete
  10. anak anak emang butuh multivitamin apalagi di cuaca gak nentu kayak gini... dan untuk sehat nggak mahal yaaa... madunya cuman 20ribu sebotol..

    ReplyDelete
  11. Musim kaya sekarang emang pas bngt anak dikasi multivitamin yang bagus untuk nambah daya tahan tubuhnya y mom biar gk gampang sakit

    ReplyDelete
  12. Nah, Madurasa Fitkidz emang cocok yaa untuk menemani anak beaktivitas. Apalagi di musim pancaroba kaya gini, duh serem daya tahan tubuhnya pada turun terus sakit.

    ReplyDelete
  13. Makin banyak aja pilihan madu anak di pasaran. Bener2 asupan penting buat Buah hati di musim pancaroba ini, Supaya Daya tahan tubuhnya Bagus...

    ReplyDelete
  14. Nah, saya lagi cari multivitamin yang recommended nih buat anak saya yang akhir-akhir ini susah makan. Baca ulasan ini jadi pengen cobain madurasa fitkidz untuk si Kakak. Kali aja setelah konsumsi multivitamin ini dia jadi gak susah makan lagi

    ReplyDelete
  15. selamat jadi pemenangnya ! Salam kenal !

    ReplyDelete