Mengenal Huruf Vokal Melalui Permainan Kartu AIUEO

| on
October 02, 2019


Halo!

Saya pernah membaca kalau setiap anak selalu mempunyai 'waktunya' sendiri. Dan iya ya, saya jadi tersadar kalau ternyata anak memang punya 'waktunya' sendiri, seperti Aliyah yang punya waktu belajar berjalannya sendiri, waktu bisa berbicara dengan lancarnya sendiri, walaupun terkadang saya suka kurang sabar menemani Aliyah menjalani semua prosesnya :(

Bermain huruf AIUEO ini salah satu proses saya dan Aliyah yang sama-sama sedang menunggu 'waktunya' Aliyah untuk mulai membaca. Ga tau kapan, tapi saya percaya pada Aliyah kalau Aliyah mempunyai 'waktu' yang tepat :)

Cara membuat permainan ini sangat sederhana, hanya dengan mengunduh gambar hewan dari internet yang namanya berawalan dari huruf AIUEO, lalu dilapisi dengan kertas karton yang agak tebal supaya lebih awet :) Gambar yang diunduh akan lebih baik jika sesuai dengan bentuk nyata hewannya, bukan kartun ataupun sketsa dengan tujuan sekalian mengenalkan jenis hewan kepada anak. 

Ide bermainnya terinspirasi dari buku Montessori Play and Learn :) Permainan pra membaca dengan metode phonic. Saat anak keliru menyebut awalan huruf hewan yang ditunjuk, tidak apa-apa, seperti Aliyah yang menunjuk huruf U pada hewan Ikan. Walaupun gemas, saya mencoba untuk tidak langsung mengoreksinya, tetapi menggiring Aliyah untuk berpikir dan mengoreksinya kesalahannya sendiri dengan menyebut kan "Hmmm apakah namanya Ukan?" Lalu kami tertawa bersama dan Aliyah pun langsung menyebutkan, "bukaan, Ikan! I !! "


Walaupun permainan ini sederhana ternyata it works :)

Untuk video saat saya dan Aliyah bermain bisa dilihat di sini yaa :)

Selamat bermain :)


Be First to Post Comment !
Post a Comment