Berhenti Untuk Kembali :)

| on
September 13, 2019

Halo!


Apa kabar teman-teman mama? Satu bulan berlalu sejak tulisan terakhir saya di blog ini, sampai akhirnya saya kembali dan membuat tulisan ini :) 

Sebulan terakhir saya tidak update postingan apapun di blog, juga tidak terlalu sering berbagi di sosial media seperti biasanya. Sedang mencoba belajar untuk memahami diri sendiri, bagaimana cara berinteraksi di media sosial dengan baik, dunia blogging dan sejenisnya, bagaimana dampaknya bagi saya secara mental, serta bagaimana pula dampaknya bagi teman-teman mama yang membaca sharing saya selama ini, membuat saya berhenti sejenak. Apakah saya benar-benar berbagi manfaat kepada teman-teman? Atau hanya sekedar sok tahu, dan lupa bahwa diluar sana masih banyak yang jauh lebih tahu banyak daripada saya. 

Tentang berhenti sejenak

Berbagi pengalaman dan berusaha membuat konten yang bermanfaat awalnya dibuat dengan tujuan sederhana untuk sekedar untuk berbagi siapa tahu ada yang juga related dengan pengalaman yang saya alami. Namun, seiring berjalannya waktu, tujuan sederhana itu kemudian berubah menjadi tuntutan. Saya menuntut diri sendiri untuk terus update agar tidak ketinggalan dengan yang lain. Lalu menjadi lupa akan tujuan diawal.

Proses yang berulang, kebuntuan akan ide sampai pada titik membuat saya menjadi sedikit bosan dalam melakukannya. Berusaha untuk tidak ketinggalan membuat mental saya menjadi kurang sehat. Saya menjadi lebih mudah marah kepada siapa pun. I'm getting stuck! Lalu saya berpikir, mungkin mundur sejenak, berhenti sebentar akan membuat saya merasa jauh lebih baik. Kembali mengkaji apakah yang dilakukan selama ini benar-benar bermanfaat atau tidak. Mencoba tidak menulis sampai rindu menulis. Membaca buku yang tidak disuka, sampai rindu untuk membaca buku kesukaan. Tidak berbagi sampai rindu untuk berbagi. 

Tentang berbagi

Berbagi kepada teman-teman mama-mama merupakan alasan utama mengapa saya mencoba untuk kembali. Berbagi adalah tujuan awal saya yang sempat terlupakan. Berbagi bukan untuk sok-sokan karena saya pun masih perlu banyak belajar, dan masih banyak teman-teman mama-mama yang lebih tau dari saya.

Berbagi melalui akun media sosial sebaiknya memang memberi kebaikan untuk pemiliknya dan teman-teman yang membacanya sekecil apapun itu. Karenanya, mencoba menjadi lebih berhati-hati untuk membuat postingan pun dipertimbangkan. Dan memikirkan bagaimana caption yang tepat agar tidak menyakiti siapapun. Repot? Iya, repot.

Tidak jarang, setelah repot-repot membuat konten yang kira-kira bermanfaat, ternyata respon yang didapatkan terkadang tidak sesuai harapan. Sedikit yang membaca, sedikit yang suka, sedikit yang sharing. Then, am i feeling down about it? Yes, sometimes. I'm just a human :)

Dan pagi ini, di tengah-tengah perhentian saya, saya membaca postingan dan tulisan Puty Puar berjudul "Karena Proses Mungkin Tentang Hal-Hal Yang Membosankan". Seperti biasa ciri khas Puty Puar yang menulis tanpa bertele-tele  namun sangat berarti, saya mendapat poin penting yang saya cari selama ini, setelah membaca tulisan tersebut. Ternyata memang saya sedang berproses. Rasa bosan dan stuck itu adalah bagian dari proses. Dan saya tidak sendirian. Puty Puar, pun pernah mengalaminya. I'm 1000% related with it. Sangat banyak orang sukses yang mengingatkan untuk sabar menjalani setiap proses menuju kesuksesan, namun sangat sedikit yang menjelaskan seperti apa prosesnya. Mengalami naik turun sudah pasti. Tapi, tentang bertahan pada rasa bosan, saya baru saja mengetahuinya setelah membaca tulisan Puty Puar diatas. 

Jadi, ya! Saya kembali ke blog ini. Mengelap debu-debu yang sedikit menempel. Mencoba kembali berbagi, dan sudah siap dealing dengan segala respon yang kelak diterima nanti. Apapun responnya, saya percaya bahwa saya dan teman-teman dapat saling menerima :) Semoga nanti apa yang coba saya bagi dapat membawa manfaat untuk teman-teman, dan semoga tidak lagi menjadi terlalu sok tahu seperti yang dulu :)

*mohon maafkan saya yang lalu, yang terkadang masih suka menjadi terlalu sok tahu :)



Be First to Post Comment !
Post a Comment