BELAJAR MENGENAL HURUF DENGAN BAHAN MAKANAN #1

| on
March 05, 2019
Halo!

Semua ibu pasti sepakat kalau anak dengan usia toddler setiap hari tumbuh semakin aktif. Semakin aktif bermain yang diiringi dengan rasa ingin tahu yang semakin besar. Di usia Aliyah yang menginjak 3,5 th, Aliyah juga tumbuh menjadi anak yang semakin aktif dan semakin sibuk ingin melakukan ini itu :')  Seringkali saya dibuat bingung karena harus menemani Aliyah main setiap hari dan Aliyah tipikal anak yang mudah bosan. 

Berhubung Aliyah sudah mulai mengenal lingkungan sekolah, salah satu aktivitas yang cukup sering kami lakukan bersama adalah belajar mengenal huruf. Sebenarnya Aliyah sudah mengenal huruf A-Z sejak usia 2,5 th lebih seingat saya, melalui nyanyian. Seiring semakin besar Aliyah, saya mulai mencoba menaikkan sedikit level pengenalan huruf kepada Aliyah dari sekedar bernyanyi, bertahap ke aktivitas mulai menulis pelan-pelan dan mengenal huruf besar dan kecil, serta huruf-buruf di dalam ejaan namanya.

Kali ini saya coba mengenalkan huruf dengan bahan makanan, karena tidak perlu beli ini itu, dan bisa diambil langsung dari dapur, hehe. Bahan dasar yang saya gunakan adalah garam dan beras.

Mengenal Huruf Besar dan Huruf Kecil dengan garam



Bahan dan alat:

Garam dapur 250 gr (satu bungkus ukuran kecil)
Wadah kaca
Karton bekas
Spidol
Kuas
Kertas origami ukuran besar



Cara membuat:

1. Potong karton bekas sesuai dengan ukuran wadah kaca. Disini saya memotong karton dengan bentuk persegi panjang sesuai dengan ukuran wadah kaca.

2. Buat tulisan huruf kecil a-z di karton. Tulisan huruf kecil dapat disesuaikan dengan besarnya kertas karton. Tidak apa-apa jika tidak cukup dari a-z, bisa dibuat secukupnya asalkan ukuran tulisan tidak terlalu kecil :) Misalnya cukup dari huruf a-l.

3. Potong kertas origami menjadi empat bagian. Tulis huruf besar di setiap bagian kecil kertas origami. Buat sesuai dengan jumlah huruf yang ada di kertas karton.

4. Letakkan kertas karton dibawah wadah kaca, lalu isi wadah kaca dengan garam.

Cara bermain:

Teman-teman mama-mama bisa menunjukkan huruf besar di kertas origami pada anak, lalu minta anak untuk mencari pasangan huruf kecil dari huruf besar tersebut di dalam wadah kaca yang berisi garam. Mencarinya bisa dengan menggunakan kuas. :) Silakan diulangi dengan mengganti huruf besarnya :)



Selain untuk huruf besar-kecil, wadah kaca & garam ini juga saya gunakan untuk mengenalkan huruf hijaiyah pada Aliyah :) Kebetulan Aliyah punya puzzle huruf hijaiyah yang langsung saya letakkan di bawah wadah kaca. Aliyah tinggal mencari huruf yang sama dengan huruf  yang saya tunjukkan dengan kartu huruf hijaiyah :)

Oh iya, setelah bosan dengan main huruf, garam di dalam wadah digunakan Aliyah untuk berimajinasi dengan mainan bus kecil nya. Ceritanya bus kecil mainannya sedang berada di dalam jalanan bersalju :D Saya pun ikut bermain dengan menabur salju menggunakan saringan dari set mainan pasir pantai :D, seolah-seolah sedang turun salju. Intinya setelahnya bebas lah mau dibuat main apa saja garamnya :) 

Untuk cuplikan video bermainnya dapat dilihat disini yaa :)

Manfaat stimulasi:

1. Anak dapat mengenal huruf besar dan kecil
2. Melatih motorik halus anak dengan memegang kuas, yang bertujuan untuk  melatih jari-jari anak dalam memegang alat tulis.
3. Melatih sensori anak dengan menyentuh garam.
4. Mengenalkan rasa asin garam kepada anak.
5. Melatih kemampuan berpikir pada anak dalam mencari huruf yang tersembunyi.
6. Malatih daya imajinasi anak.


Menulis Huruf dengan Beras warna warni


Sebenarnya menulis huruf dengan beras warna-warni sudah saya upload di akun instagram saya sebulan yang lalu, hehe. Namun baru saya posting sekalian di blog post ini :) Untuk cuplikan video bermain nya dapat dilihat disini yaa :)

Bahan dan alat:

Beras 1 cup
Pewarna makanan (boleh pakai 1 warna saja sesuai dengan stok di rumah :))
Wadah kecil sesuai jumlah pewarna makanan
Air
Piring plastik
Kuas
Wadah untuk alas beras warna-warni (bisa tray plastik/kayu, nampan, dll)
Kertas Origami ukuran besar


Cara membuat:

1. Bagi beras menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang akan dibuat. Disini saya menggunakan tiga jenis warna.

2. Siapkan air secukupnya di wadah kecil, tidak perlu terlalu banyak. Komposisi air dengan beras kurang lebih 1:1. Teteskan pewarna makanan ke dalam air yang telah disiapkan.

3. Masukkan beras ke dalam air berwarna.

4. Rendam beras -/+ 30-60 menit.

5. Tuang beras ke dalam piring plastik, lalu jemur dibawah sinar matahari sampai kering.

6. Atur beras warna-warni diatas tray.

7. Potong kertas origami menjadi empat bagian. Tulis huruf besar di setiap bagian kecil kertas origami. Disini saya haya membuat beberapa huruf besar dari ejaan nama Aliyah sebagai awal untuk Aliyah belajar mengenal huruf pada namanya sendiri dan kelak dapat menulis namanya sendiri.

Cara bermain:

Teman-teman mama-mama bisa menunjukkan huruf besar di kertas origami pada anak, lalu minta anak untuk menulis huruf nya diatas beras dengan menggunakan kuas :) Silakan diulangi dengan mengganti huruf besarnya :) selain untuk belajar mengenal dan menulis huruf, permainan ini juga dapat digunakan untuk belajar mengenal dan menulis angka dan bentuk. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anak kita :)

Untuk melatih sensori anak, teman-teman mama-mama dapat meminta anak untuk memegang berasnya, dan bercerita bahwa tekstur beras itu kasar. Selain itu, kita juga dapat bercerita bahwa beras merupakan bahan makanan yang berasal dari padi, dan menjadi cikal bakal nasi yang dimakan oleh anak sehari-hari :)

Seteleh bosan menulis huruf, Aliyah menggunakan beras nya untuk bermain memindahkan beras dari satu wadah ke wadah lainya dengan menggunakan sendok :)

Manfaat stimulasi:

1. Anak dapat mengenal huruf dari ejaan namanya sendiri.
2. Melatih motorik halus anak dengan memegang kuas, yang bertujuan untuk  melatih jari-jari anak dalam memegang alat tulis.
3. Melatih sensori anak dengan menyentuh beras.
4. Mengenalkan konsep bahan makanan beras pada anak.
5. Melatih kemampuan motorik anak saat memindahkan beras dengan menggunakan sendok.


Nah, kalau teman-teman mama-mama bahan makanan apa yang biasanya digunakan untuk bermain dengan anak?

Semoga sharing saya bermanfaat yaa..

Selamat bermain!

Be First to Post Comment !
Post a Comment