9 TIPS MENGONSUMSI JUS LEMON

| on
March 19, 2019

Halo!

Selama tiga minggu terakhir saya sedang mencoba untuk menjaga kesehatan dengan meminum jus lemon hangat setiap pagi saat perut masih kosong. Hal ini saya lakukan setelah membaca beberapa artikel tentang jus lemon yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, bahkan dapat diminum sebagai terapi untuk penderita kanker. Dan memang akhir-akhir ini saya cukup sering mengalami gangguan kesehatan seperti nyeri pada leher, bagian ketiak, kram pada kaki kanan, sampai nyeri di bagian pinggul kanan dan rasanya sangat tidak nyaman

Di salah satu artikel yang saya baca, lemon dapat digunakan sebagai detoks alami pada tubuh, terutama untuk membersihkan usus dari racun. Saya sendiri awalnya mencoba minum jus lemon dengan harapan untuk mengurangi keluhan nyeri-nyeri di tubuh saya, setelah membaca buku karya Dr. Hiromi Shinya tentang revolusi makan dengan menjaga kesehatan usus. Menurut Dr. Hiromi segala nyeri-nyeri di badan bisa jadi karena kondisi usus kita yang kotor dan perlu detoksifikasi.

Dulu, juga pernah tau manfaat lemon bagus banget dari Alodita yang selalu mengonsumsi honey lemon shot setiap hari. Tapi biasa, karena waktu itu belum ada keluhan nyeri-nyeri, ada aja alesannya untuk menunda memulai (jangan ditiru ya!). Pas sudah mulai nyeri-nyeri, nah baru deh kan...

Setelah tiga minggu mengonsumsi jus lemon setiap pagi, Alhamdulillah segala nyeri di kaki maupun di pinggul sudah tidak berasa lagi. Di badan juga enteng banget rasanya. Saya juga sempat sharing tentang jus lemon ini di IG story saya untuk membagi manfaat jus lemon berdasarkan pengalaman saya kepada teman-teman. Ternyata cukup lumayan juga teman-teman yang dm balik ke saya buat nanya-nanya bagaimana cara membuatnya, lemon jenis apa, aman kah untuk penderita asam lambung, dll.

Sebenarnya saya juga sudah menjawab pertanyaan teman-teman via postingan IG story, tapi bagaimanapun rasanya kurang afdol kalau belum di post di blog :P

Berikut rangkuman tips dalam mengonsumsi jus lemon berdasarkan pengalamn saya serta hasil membaca berbagai artikel tentang lemon:

1. Jenis lemon yang digunakan bisa lemon lokal atau lemon impor, senemunya aja. Kalau ada yang lokal ya lokal, kalau ga ada ya impor tapi belinya ga banyak-banyak kalau impor haha. Beli lemon yang paling murah ya di pasar, biasanya lemon lokal. Di Kang sayur juga biasanya bawa lemon, kadang lokal, kadang impor. Di beberapa supermarket, terutama yang tag line nya 'super murah' lemon nya cukup murah juga, tapi milihnya harus ekstra usaha karena biasanya sudah hampir overrapped.

2. Cara membuat jus lemonnya sendiri macam-macam. Terserah teman-teman mama-mama mau diapakan lemonnya, dibuat senyaman mungkin supaya minumnya juga nikmat tiada beban :)

Kalau saya biasanya dibelah dua. Dibagi buat pagi dan malam buat jaga-jaga juga supaya perutnya tidak syok pagi-pagi diguyur lemon sebiji, diperas, dicemplungin sekalian kulitnya, disiram air panas. Tungguin sampai agak hangat, terus diminum deh.

Opsi kedua, bersihkan lemon dengan sikat yang kaku/keras, kemudian masukkan ke dalam kulkas dan bekukan selama dua jam. Dua jam kemudian, keluarkan dari kulkas dan iris (15-20 irisan per lemon), lalu masukkan ke dalam wadah tertutup. Tambahkan madu, air dingin dan rendam irisan lemon, setelah itu tutup wadahnya dan dinginkan di kulkas. Besoknya, ambil dua irisan lemon, kemudian seduh dengan air panas/matang.

Opsi ketiga, Bikin honey lemon shot ala Alodita. Jadi lemon diperas lalu ditambahin madu tanpa air.

3. Rendaman air lemon sebaiknya encer untuk mengurangi rasanya kecut nya. Biasanya setengah buah yang diperas saya tambahin +/- 300-400 ml air. Bisa juga dengan dibuat infuse water.

4. Lemon yang direndam air sebaiknya dengan kulitnya, karena senyawa flavonoid yang terkandung dalam kulit lemon sangat tinggi, bahkan lebih bernilai daripada isinya, tapi sebelumnya harus dicuci bersih dulu yaa, khawatir nya masih ada residu pestisida yg tertinggal.

5. Teman-teman juga bisa menggosok permukaan kulit lemon dengan garam untuk menghilangkan bakteri pada lemon.

6. Jangan gunakan air panas kalau minumnya pakai  madu yaa karena madu mengandung enzim, yang akan mengeluarkan hydroxymethylfurfural (salah satu gula utama dalam madu, yang terbentuk sangat cepat ketika madu dipanaskan) yang berlebihan, sehingga nutrisi dalam madu akan hancur.

7. Untuk penderita asam lambung, sebaiknya mencoba minum jus lemon di sela waktu makan ya, misalnya saat menjelang makan siang. Kalau ternyata perutnya nyeri, sebaiknya tidak diteruskan ya.

8. Sebaiknya setelah meminum jus lemon tidak langsung makan untuk memberi waktu bagi usus mencerna jus lemon dengan baik lebih dulu. Lebih baik lagi jika setelahnya kita mengonsumsi buah lebih dulu, dan 30 menit kemudian baru deh makan menu utama kita.

9. Sebaiknya tidak mengonsumsi lemon bersamaan dengan mengonsumsi udang ya. Pada dasarnya udang mengandung senyawa Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan lemon yang mengandung Vitamin C,  akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada hati, jantung, ginjal, dan pembuluh darah.


Overall, kurang lebih beberapa tips diatas yang biasa saya lakukan setiap mengonsumsi jus lemon. Kalau teman-teman mama-mama punya tips jus lemon juga, boleh banget share disini :)

Semoga sharing saya bermanfaat ya!

Selamat mencoba dan keep healthy!

Be First to Post Comment !
Post a Comment