One day at Alas Gelato (Review)

| on
November 05, 2022


Assalamu'alaikum. 

Halo! 

Tidak terasa sudah hampir empat bulan berjalan sejak blog post terakhir saya. Kemana saja saya? Hehe sebenarnya ya engga ke mana-mana juga. Beberapa bulan belakangan urusan domestik di rumah load nya lagi agak banyak. Belum lagi Aliyah sempat sakit batuk pilek dan alergi. Ditambah aktivitas sekolahnya yang 'adaa aja' membuat saya mau ga mau fokus mengurus Aliyah sepenuhnya :) 


Alhamdulillah ritme kerjaan domestik di rumah mulai teratur, saya juga mulai kangen menulis di blog ini :)) 

Jadi, yah saya kembali lagi meski belum tau juga kapan bisa konsisten dengan rajin upload tulisan hehehe. Ga apa - apa ya,  teman-teman mama :) Semoga teman-teman mama segala urusannya selalu diberikan kemudahan dan kelancaran yah :) 


Di blog post terakhir, saya sempat sharing tulisan tentang perjalanan singkat kami ke Trawas dan bermain di Taman Ghanjaran Trawas. Nah, di tulisan kali ini saya akan kembali cerita tentang satu tempat kuliner yang dapat menjadi alternatif untuk dikunjungi sewaktu teman-teman mama berasa di Trawas (setelah Taman Ghanjaran, saat itu kami juga mengunjungi dua tempat lainnya). 


Alas Trawas


Alas Trawas merupakan tempat kuliner dengan vibes hutan yang membuat kami sekeluarga merasa nyaman dan benar-benar menikmati quality time di tengah pepohonan yang rindang, *ah sedap :)) 




Awalnya kami tau Alas Trawas, lebih tepatnya Alas Gelato, dari menonton konten di Youtube. Kami pun penasaran dengan rasa gelato dari Alas Gelato yang masih satu komplek letaknya dengan Alas Trawas. Jadi, saat ke Trawas di bulan Juli yang lalu, kami sempatkan untuk mampir ke Alas Gelato. 


Seperti yang mungkin teman-teman mama sudah banyak tau, gelato sebenarnya sangat mirip dengan ice cream. Salah satu yang membuat gelato dan ice cream berbeda adalah gelato mengandung lebih banyak susu dan memiliki tekstur yang lebih padat namun lebih halus dibandingkan ice cream. 


Kami sekeluarga biasanya lebih sering menikmati ice cream daripada gelato karena di kota Sidoarjo cukup jarang cafe/tempat khusus yang berjualan gelato. Oleh karena itu, pengalaman yang jarang menikmati gelato ini membuat kami semakin semangat untuk mampir ke Alas Gelato, hehe. 


Pic: instagram @alasgelato
Pic: instagram @alasgelato


Alas Trawas (termasuk Alas Gelato & Alat Cafe) berlokasi di Jalan Trawas - Mojosari, Kemiloko, Trawas, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. 


Bagian bangunan Alas Gelato  sebenarnya tidak terlalu luas. Di dalamnya hanya ada freezer untuk display dan beberapa meja kursi kecil (untuk 2 orang) di beberapa titik. 


Pertama kali masuk, saya sangat excited melihat barisan gelato warna - warni aneka rasa. Pilihan rasa gelato di Alas Gelato sangat beragam dan unik-unik.

Mulai dari yang basic seperti Vanilla, Strawberry, Cookies & Cream, Coffee, dan Caramel sampai rasa yang unik seperti Rujak, Terang Bulan, Ketan Ireng, Teh Tarik, Ferrero Rocher, Pistachio, Ijen Ayu, Sinom Alas, Nastar, Gum de Masticare, Cendol dan Jagung Manis.


Untuk range harga gelato nya sendiri yah lumayan juga yaah (saya ga tau persis sih kisaran harga gelato berapa yah, hehe) namun di Alas Gelato ini, teman-teman mama dapat memilih diantara 3 pilihan cup yang tersedia, yaitu kemasan cup 2 Oz  ( 1 rasa, Rp 25.000) 4 Oz ( mix 2 rasa, Rp 35.000 ) dan 5 Oz ( mix 3 rasa, Rp 45.000 ). 




Saya dan Aliyah memilih gelato dengan ukuran 4 Oz (mix 2 rasa). Rasa gelato yang kami pilih juga yang basic- basic saja, Strawberry, Coffee dan Vanilla ( saya biasanya memang suka memilih makanan dengan rasa yang otentik, karena kalau yang inovatif takutnya saya ga cocok sama rasanya :') ) 




Setelah memesan, kami pun mencari kursi yang nyaman dan enak untuk menikmati gelato kami. Jadi, meski hanya membeli gelato, kita ternyata boleh loh duduk-duduk di area Alas Cafe yang penuh dengan pohon rindang :) Kita juga bisa memesan menu Alas Cafe sebagai cemilan tambahan. Harga menunya sangat variatif dan cukup terjangkau :) 




Dari sebuah artikel yang saya baca, konon area Alas Trawas ini bermula dari track down hill bagi pesepeda. Lalu, perlahan area cafe pun dibangun dan akhirnya dibuka pada Agustus 2020. Traffic pengunjung cafe juga terhitung tinggi pada saat weekend tiba. Saya ga  heran sih, karena memang tempatnya nyaman, apalagi dengan pepohonan dan limpahan udara segar yang ada di sekitarnya :) 




Overall, bagi kami sekeluarga, menikmati gelato Alas Gelato di area cafe Alas Trawas sangat menyenangkan. Jika ada waktu luang, kami sekeluarga ingin kembali lagi ke sini untuk quality time bersama :) 


Menurut saya, Alas Trawas ini bisa menjadi satu rekomendasi tempat kuliner bagi teman-teman mama dan keluarga yang mungkin bosan dengan suasana kota, namun juga tidak ingin bepergian terlalu jauh dari kota, khususnya untuk yang tinggal di daerah Surabaya dan sekitarnya :) 


Untuk  video kami di Alas Gelato, teman-teman bisa klik di sini yah :)


Semoga bermanfaat, dan happy weekend :) 




Be First to Post Comment !
Post a Comment