DIY: Kalender Sederhana Untuk Anak & Tips Mengenalkan Konsep Waktu Pada Anak

| on
September 27, 2021


Assalamu'alaikum. 

Halo! 


Aliyah sedang belajar mengenal hari dan tanggal. Dia lagi suka-sukanya menandai hari Sabtu dan Minggu dimana dia punya screen time untuk menonton Youtube atau bermain game, atau hari dimana saya punya janji mengajak dia ke supermarket misalnya. Hihi. Lucu jadinya. 


Akhirnya saya kepikiran untuk mengenalkan kalender padanya. Saya pun mencoba mencari-cari kalender anak di e-commerce. Kalender yang saya temukan di e-commerce kebanyakan bentuknya seperti kalender umum namun disertai aktivitas anak-anak. Kalender yang saya cari sebenarnya kalender yang lebih sederhana karena Aliyah baru saja mau memulai mengenal hari, tanggal dan bulan.


Setelah scorlling up down di e-commerce  akhirnya saya menemukan satu toko yang menjual kalender dengan bentuk yang sederhana. Kalendernya dibuat dengan mengadaptasi pendekatan Montessori. Ah, saya kepincut bener dengan kalender tersebut. Sedihnya, harga kalendernya ternyata cukup pricey bagi saya hehehe. 


At the end, saya putuskan untuk mencoba membuat kalender sendiri untuk Aliyah. Kebetulan sudah lama saya tidak bikin bikin sesuatu untuk Aliyah. Saya pun mencoba membuat kalender sederhana untuk anak-anak yang sedang belajar hari, tanggal dan bulan. Kalender yang saya buat hanyalah berisi info hari, tanggal dan bulan yang sebenarnya akan lebih bagus jika disertai info cuaca, dan emosi anak. Namun saya masih kesulitan menemukan gambar yang pas dan selaras. Jadi, yah bentuknya seperti ini dulu :)


Kalender ini saya buat di Canva. Desainya sangat basic namun untuk aplikasinya saya sedikit mengadaptasi dari metode Montessori. Di kalender buatan saya belum ada tanggal merah dan lain-lain. Harapannya, anak-anak dapat belajar mengenal waktu secara pelan-pelan dan lebih mudah. Cara menggunakan kalender ini cukup mudah, anak-anak tinggal melingkari tanggal, hari dan bulannya. Di bagian bawah dapat ditulis lagi hari, tanggal, bulan dan tahunnya.


Teman-teman dapat melihat video cara pakainya disini ya :)

(yang divideo saya kelupaan tidak ada kolom tanggal di bawah, tapi sudah saya edit di file nya :)))


Omong-omong kalender ini saya buat dalam dua versi, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, teman-teman dapat mengunduhnya di link berikut :)


My Calendar

Kalender ku


Setelah berhasil print file, jangan lupa untuk langsung melaminating kalendernya ya :) Agar nantinya dapat dihapus tulis oleh anak-anak :) Bagian atas kalender juga dapat dilubangi jika ingin digantung (milik Aliyah saya tempelkan di kulkas, karena kulkas adalah tempat yang paling sering Aliyah singgahi di dalam rumah, hahaha)


Oh iya, sebelum menulis, pastikan untuk menggunakan spidol boardmarker agar tulisannya dapat dihapus dan tulis ulang. Di video saya pakai spidol dari @deliindonesia :)


A little notes and tips:


Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengenalkan anak pada konsep waktu :) Berikut beberapa tips mengenalkan anak konsep waktu yang dapat saya bagi dari pengalaman saya dan Aliyah juga dari beberapa referensi :)


1. Pada usia lebih dini, kita dapat mengenalkan anak mengenai konsep waktu, seperti hari dan bulan melalui nyanyian. Banyak sekali lagu yang mengandung konsep waktu pada liriknya seperti:

Lagu nama-nama hari, lagu nama-nama bulan, lagu Naik Delman, lagu Pagiku Cerahku, Libur Telah Tiba, lagu hari-hari besar keagamaan seperti Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Hari Lebaran, dan lain-lain.


2. Mengenalkan rutinitas harian pada anak. Dengan membuat rutinitas harian anak, anak dapat mulai belajar mengenal konsep pagi hari, siang hari, dan malam hari. Kita dapat membagi aktivitas anak kedalam tiga waktu tersebut dan menjelaskan pada anak seperti saat pagi hari ia akan bangun tidur, minum air, sarapan, mandi, dan seterusnya. 


ALSO READ: TIPS MEMBUAT RUTINITAS HARIAN UNTUK ANAK 


3. Menandai hari yang spesial bagi anak seperti hari ulang tahunnya atau hari ulang tahun ayah ibu, kakek nenek atau kerabat dekat. Kita dapat menghitung mundur hari spesial yang ditunggu dengan menggunakan kalender.


4. Menyebutkan hari dan waktu yang detail saat membuat janji tertentu dengan anak misalnya saat mengajak anak untuk main di playground. Misalnya seperti, "InsyaAllah nanti hari minggu siang mama ajak ke mall ya, kita main di playground".


5. Membacakan anak buku cerita yang berhubungan dengan konsep waktu.


6. Bagi teman-teman mama yang muslim, mengenalkan konsep waktu pada anak juga dapat melalui waktu sholat kita. Saat kita sholat, kita dapat mengajak serta anak, ataupun kalau anak belum mau atau belum bisa, paling tidak saat akan sholat kita dapat mengatakan pada anak, "Mama mau sholat subuh/dhuhur/ashar/maghrib/isya dulu ya  nak" :)


Kurang lebih inilah kelima tips yang dapat digunakan untuk mengenalkan konsep waktu pada anak :) InsyaAllah semoga nantinya anak-anak kita dapat tumbuh menjadi individu yang dapat memanfaatkan dan menghargai waktunya dengan baik di jalan yang sesuai dengan ridhoNya. Aamiin :)


Kalau teman-teman mama, ada yang juga punya cerita tentang mengenalkan konsep waktu kepada anak? Atau mungkin punya tips lain untuk mengenalkan konsep waktu pada anak? Yuk cerita sama-sama disini :)


Semoga bermanfaat ya :)




Be First to Post Comment !
Post a Comment