MENGATASI GTM PADA ANAK DENGAN RESEP MASAKAN DARI YUMMY APP

| on
May 31, 2020

Halo!

Bagaimana kabarnya teman-teman mama setelah lebaran dan dua bulan lebih #dirumahaja? Semoga tetap semangat dan sehat selalu yaa :) Kalau saya dan keluarga Alhamdulillah masih semangat meski sesekali rasa bosan datang menyapa. Begitu juga dengan Aliyah, anak kecil satu-satunya di rumah kami. Belakangan, kehidupan kami #dirumahaja menjadi sedikit lebih menantang karena beberapa hari terakhir Aliyah melakukan aksi gerakan tutup mulut (GTM) saat waktu makan tiba. Sejak bayi, Aliyah memang kerap kali dilanda GTM. Saya masih ingat betul bagaimana pusingnya saya mencari cara agar Aliyah mau makan dengan semangat. Sebenarnya, ada beberapa faktor penyebab anak melakukan gerakan tutup mulut saat makan, diantaranya karena sakit, trauma, tidak lapar, bosan, sedang fokus melakukan sesuatu dan rasa lelah. Faktor penyebab GTM tersebut beserta penjelasan lengkapnya dapat teman-teman mama baca di artikel popmama.com yang berjudul "Mengapa Anak Melakukan Gerakan Tutup Mulut? Ini Alasannya":)

GTM Pada Anak

Sejak Aliyah bayi, saya meyakini bahwa fase-fase GTM pada Aliyah akan berlalu. Alhamdulillah, hal tersebut benar adanya. Seiring dengan Aliyah semakin bertumbuh, GTM yang kerap melanda pun berangsur pergi. Eh, tetapi ternyata si GTM tidak selamanya pergi, namun kerap datang menghampiri meski hanya sesekali. Biasanya, GTM yang paling sering melanda Aliyah disebabkan karena rasa bosan terhadap menu makanan yang kurang bervariasi. Belum lagi Aliyah adalah anak dengan tipikal picky eater, maka lengkaplah sudah :))

Sebagai orangtua tentu saya khawatir saat Aliyah dilanda GTM. Saya khawatir kalau-kalau kebutuhan nutrisi Aliyah tidak dapat tercukupi dengan maksimal. 

Menurut American Academy of Pediatrics, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orangtua dalam menghadapi anak yang picky eater dan berujung dengan GTM:


  • Menciptakan suasana makan yang nyaman, menyenangkan, sehat dan higienis bagi anak. Duduk bersama di meja makan tanpa distraksi gadget dapat dicoba untuk menciptakan suasana makan keluarga yang nyaman dan menyenangkan.
  • Mengingat bahwa anak yang picky eater terhadap satu dua jenis makanan tertentu tergolong dalam perilaku yang masih wajar, sama seperti halnya kita para orangtua yang juga terkadang tidak menyukai satu atau dua jenis makanan tertentu.
  • Memahami bahwa anak akan selalu butuh waktu untuk menerima makanan yang 'baru' baginya. Ini dapat dilakukan dengan proses secara perlahan, misalnya seperti mengenalkan rasa soto kepada anak. Kali pertama mungkin saja anak menolak atau tidak dapat menghabiskan makanannya. Kalau sudah begini, kita dapat mencoba nya lain kali. Proses ini dapat dilakukan berulang, sampai anak benar-benar menyukai makanan 'baru' nya.
  • Menyajikan beragam variasi menu dan presentasi makanan yang berbeda agar anak tidak mudah bosan. Contohnya dalam menyajikan menu wortel, orangtua dapat menyajikan wortel dengan beragam menu dan presentasi yang berbeda misalnya wortel yang dikukus, diparut, ditumbuk, atau disajikan dengan saus. Pilihan lainnya bisa dengan menyajikan wortel berdampingan dengan menu makanan yang lain.
Dari cara-cara yang dianjurkan oleh American Academy of Pediatrics diatas, yang paling cukup membuat saya memutar otak adalah bagaimana menyajikan beragam variasi menu dan presentasi makanan yang berbeda agar Aliyah tidak mudah bosan karena saya sendiri kurang berbakat dalam masak-memasak :') 
Saya sering kali mengalami kebuntuan atas ide memasak disaat bahan makanan yang tersedia di kulkas tidak banyak (apalagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang yang jadwal berbelanja bahan makanan menjadi lebih terbatas). Di kondisi yang seperti ini, saya sebagai ibu yang juga manusia biasa, tentu saja saya memerlukan bantuan.

Lalu, apa yang paling bisa membantu saya saat terjebak di dalam kebuntuan ide memasak menu makanan untuk Aliyah dan keluarga di rumah? Belakangan, atas hasil cari-cari informasi dan scrolling di instagram, ketemulah saya dengan Yummy App dari @yummy.idn, yang menjadi 'senjata' andalan saya untuk melawan kebuntuan ide dalam memasak. Sebenarnya sudah sejak lama saya mengikuti akun instragram @yummy.idn yang selalu update berbagai resep masakan dan tips dalam memasak. Teman-teman mama tentunya juga tau banget dong @yummy.idn Nah, saya baru tau nih, kalau @yummy.idn punya Yummy App, aplikasi resep masakan yang dapat kita unduh dengan mudah pada smartphone kita.


Tentang Yummy.IDN dan Yummy App

Jadi, @yummy.idn, (bagian dari IDN Media) merupakan digital media nomor satu di Indonesia yang mempunyai konten tutorial memasak, resep masakan dan ragam kuliner di Indonesia. Yummy sendiri sangat terkenal dengan konten memasak sederhana, yang seringkali hanya terdiri dari lima langkah, ataupun kepraktisan memasak dengan menggunakan rice cooker. Konten memasak yang sederhana dan praktis dari Yummy hadir karena Yummy memiliki keyakinan dan percaya bahwa setiap orang bisa memasak.
Pada bulan Mei tahu 2019 yang lalu, @yummy.idn meluncurkan Yummy App, aplikasi resep masakan yang dapat memudahkan kita, tidak sebatas ibu-ibu tetapi juga bapak-bapak, mbak-mbak dan mas-mas dalam menyajikan ragam menu masakan bagi keluarga di rumah.
Seperti apa sih Yummy App ?

Yummy App pada dasarnya sama seperti aplikasi lain yang ada pada smartphone kita, yang memiliki beragam fitur. Nah, fitur-fitur pada Yummy App dapat kita gunakan untuk membantu kita membuat masakan yang enak, bergizi dan praktis untuk anak, suami dan seluruh keluarga di rumah. Apa saja sih fiturnya? Yuk kita coba ulik satu persatu ya :)


Pada tampilan Home Screen Yummy App, ada beberapa fitur yang dapat teman-teman mama manfaatkan untuk mencari ide resep masakan. Saya sendiri sangat suka dengan kolom bagian atas yang menuliskan sapaan, Selamat Pagi/Siang/Malam Chef (nama kita). Rasanya senang sekali disebut Chef, padahal saya juga tidak begitu berbakat dalam memasak :') Ini menjadi bukti kalau Yummy App menghargai kita dan membuat kita yakin dan percaya pada diri sendiri kalau kita bisa memasak :)

Lalu, ada fitur apa lagi nih di Yummy App?

HOME

Pada fitur home screen Yummy App, teerdapat beberapa fitur yang dapat membantu teman-teman mama menemukan rekomendasi resep masakan ala Yummy yang enak dan praktis.


  • Kolom Search dapat kita gunakan untuk mencari resep masakan yang ingin kita masak.
  • Fitur Trending, dengan fitur trending teman-teman mama bisa dapat info resep masakan yang sedang trending saat ini. Berhubung masih dalam suasana lebaran, saat ini yang paling trending di Yummy App adalah resep kue kering dan opor ayam, hihihi.
  • Event dan Promosi. Supaya masaknya makin seru dan semangat, Yummy App punya fitur event dan promosi yang dapat teman-teman mama ikuti. Ada event Jago Masak yang diadakan secara berkala dan berhadiah menarik bagi yang terpilih, giveaway, saling dukung resep masakan teman-teman mama di komunitas, dan masih banyak lagi. Seru ya!
  • Akun Official. Pada fitur akun official, teman-teman mama dapat menemukan akun para chef ternama, dan akun teman-teman mama yang telah terverifikasi (mendapat centang biru dari Yummy App)
  • Kategori. Di fitur kategori ada beragam resep masakan dari Yummy yang dapat dieksplorasi oleh teman-teman mama berdasarkan kategori seperti dari tips memasak, resep dasar, resep makanan seperti makanan pembuka, utama dan penutup, sampai resep cemilan, makanan pendamping dan minuman. 
  • Penjaga Imunitas. Fitur ini rasanya yang paling related dengan kondisi kita di tengah pandemi seperti sekarang ini. Di fitur ini ada beragam resep masakan sebagai rekomendasi untuk menjaga atau meningkatkan imunitas tubuh kita seperti minuman rempah, aneka sup, infused water, dan lain-lain :)
  • Dessert. Ini adalah fitur favorit saya, karena saya suka sekali dengan dessert ataupun makanan manis lainnya. Saat membuka fitur ini, rasanya seperti di surga bagi saya, :') Di fitur dessert, teman-teman mama dapat mengeksplor beragam resep dessert dari Yummy yang enak dan praktis untuk dibuat di rumah :)
  • Cita Rasa Mancanegara. Fitur ini pas banget untuk teman-teman mama yang ingin mencoba resep masakan dengan cita rasa mancanegara, mulai dari Amerika, Eropa, Asia, sampai Timur Tengah.
  • Resep Terbaru. Di fitur resep terbaru, kita dapat menemukan beragam resep masakan baru yang dibuat oleh Yummy.

KOMUNITAS



Di Yummy App juga terdapat fitur komunitas (seperti media sosial tapi ini versi berbagi resep masakan :)). Jadi, di fitur komunitas ada beragam resep masakan yang sedang trending ataupun resep masakan terbaru yang diunggah oleh teman-teman mama yang telah mempunyai akun di Yummy App. Ini bisa membantu banget kalau-kalau kita sedang kehabisan ide "masak apa ya hari ini" :)) Kita juga bisa berbagi resep masakan di Yummy App dengan menggunakan fitur 'buat resep'. Nantinya , resep masakan buatan kita akan muncul di fitur komunitas ini.  Rasanya ada kepuasan tersendiri kalau bisa berbagi inspirasi memasak dengan teman-teman mama lainnya :) Belum lagi kalau resep kita mendapatkan bintang, combo happy!

MASAK



Fitur masak ini menjadi fitur favorit saya, karena di fitur ini kita dapat mencari resep masakan sesuai dengan bahan yang kita punya :) Misalnya saja, saya sedang mencari resep masakan dengan bahan dasar dari sayur bayam, tinggal diketik deh "bayam" di kolom yang tersedia. Nantinya akan muncul beragam resep masakan yang berbahan dasar sayur bayam. Di fitur masak ini juga terdapat fitur filter untuk memudahkan kita mencari resep masakan. Kita dapat memfilter resep masakan berdasarkan budget yang kita miliki, durasi memasak dan jumlah porsi yang akan dibuat. Dengan fitur ini kegiatan memasak di rumah menjadi jauh lebih mudah.

NOTIFIKASI DAN AKUN

Nah, untuk kedua fitur ini lebih ke fitur untuk peringatan dan pengaturan sama seperti halnya aplikasi lainnya yang terdapat pada smartphone kita. Dengan fitur notifikasi, teman-teman mama bisa mendapatkan pemberitahuan dari Yummy App kalau ada resep terbaru yang direkomendasikan ataupun update terbaru yang berhubungan dengan akun kita. Sedangkan fitur akun berisikan data diri kita sebagai pengguna Yummy App :)

Pengalaman Menggunakan Yummy App

Berhubung saya sedang dalam upaya mengembalikan nafsu makan Aliyah supaya Aliyah mau kembali makan dengan semangat dan antusias, saya mencoba mencari-cari resep masakan di Yummy App yang bisa saya buat dengan praktis di rumah. Untuk mengatasi rasa bosan pada Aliyah, saya mencoba mencari resep yang masih menggunakan bahan dasar kesukaan Aliyah, namun tetap bergizi agar kecukupan nutrisinya dapat terpenuhi. Saya pun terpikir untuk mencari resep masakan dengan bahan sayur bayam, karena Aliyah suka sekali dengan sayur bayam. Oleh saya, sayur bayam biasanya diolah menjadi sayur bening. Tetapi ya gitu deh, kalau sayur bening terus memang rasanya bosan juga, apalagi bagi anak-anak yang masih senang bereksplorasi dengan rasa.

Dengan kata kunci 'bayam' saya coba masuk ke fitur 'masak' pada Yummy App. Setelah scrolling kebawah, akhirnya saya ketemu dengan satu resep yang menarik hati saya untuk dicoba di rumah. Resep tersebut juga merupakan kombinasi kesukaan Aliyah, yaitu kue muffin dan sayur bayam. Iya, resep yang saya temukan di Yummy App adalah Muffin Bayam. Yeiy!


Setelah membaca bahan dan cara membuat, ternyata langkah-langkah untuk membuat Muffin Bayam sangat mudah dan anti ribet. Nah, kalau teman-teman mama juga ingin mencoba membuat Muffin Bayam ala Yummy App, berikut resep dan cara membuatnya :)

MUFFIN BAYAM

Bahan-bahan:


  • 150 gr bayam rebus
  • 50 margarin cair
  • 50 ml minyak goreng (saya pakai minyak kelapa)
  • 150 ml tepung terigu
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 1/4 sdt baking soda
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur ayam ukuran besar
  • 2 sdm gula pasir
  • 120 ml susu cair
Cara membuat:



  1. Kocok telur dengan gula pasir, lalu tambahkan margarin cair, minyak goreng dan susu cair, lalu aduk rata.
  2. Tambahkan bayam rebut dan keju parut ke dalam kocokan telur.
  3. Masukkan tepung terigu bersama garam, baking soda, dan bakin powder. Aduk adonan hingga merata, dan tidak perlu lama agar adonan tidak overmix.
  4. Tuang adonan ke dalam papercup hingga 3/4 bagian. Panggang selama 180*C selama kurang lebih 15-20 menit hinggan muffin kuning kecoklatan.
  5. Muffin Bayam resep dari Yoshi Nur Imama (komunitas Yummy App) siap untuk disajikan.
Sangat sederhana kan cara membuat Muffin Bayam :) Oh iya, saya ingin berbagi beberapa tips berdasarkan pengalaman saya dalam membuat Muffin Bayam:
  • Baking soda sebaiknya disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat. Jangan menggunakan baking soda dari wadah yang sudah terbuka karena baking soda yang sudah terkena udara nantinya akan mengurangi sifat reaktif baking soda pada adonan muffin.
  • Jika adonan terasa agak cair, maka teman-teman mama bisa menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai adonan agak mengental.
  • Sayur bayam sebaiknya direbus tidak terlalu lama, dan setelah direbus dapat dilakukan proses blansir agar sayur bayam tidak overcook, karena nantinya sayur bayam masih akan kembali dipanggang bersama adonan muffin.

Alhamdulillah, Aliyah suka dengan Muffin Bayamnya yang rasanya ternyata enak! Jujur ini kali pertama saya membuat muffin, dan hasilnya tidak mengecewakan. 
Memang benar sih, dengan Yummy App, ternyata #MasakItuGampang ya, hehehe. 
Berhubung langkah-langkah membuat Muffin Bayam sangat sederhana, saya mengajak serta Aliyah untuk ikut membuatnya. Jadi makin seru deh masak-masak kita di rumah :) Alhamdulillahnya lagi, Muffin Bayam ini bisa bikin kami say goodbye pada GTM yang melanda Aliyah. Muffin Bayam ini juga bisa dicoba sebagai menu mpasi anak balita :)

Secara keseluruhan, pengalaman saya menggunakan aplikasi Yummy App mengasyikkan karena ternyata banyak yang dapat saya eksplor dari beragam resep masakan yang ada di Yummy App. Cara menggunakan Yummy App pun sangat mudah dengan fitur-fitur yang dapat membantu kita menyajikan masakan yang enak dan praktis untuk keluarga di rumah. Selain itu tampilan konten pada Yummy App juga dikemas dengan apik, disertai dengan foto/video dan lima langkah memasak khas Yummy. Teman-teman mama dapat mengunduh Yummy App di Google Play Store dan App Store secara gratis. Ukuran aplikasinya juga tidak begitu besar sehingga tidak banyak memakai memori penyimpanan smartphone kita :)


Agar tidak ketinggalan resep terbaru dan berbagai update dari Yummy, teman-teman mama dapat mengikuti akun media sosial Yummy di Instagram @yummy.idn Facebook Yummy App dan Tiktok @yummyapp. Jangan lupa juga untuk mengikuti akun media sosial PopMama di Instagram @popmama_com, Facebook PopmamaIDN , Twitter @popmama_com dan website www.popmama.com untuk mendapatkan upodate terbaru untuk panduan parenting bagi mama milenial :)

Semoga bermanfaat ya teman-teman mama :)















6 comments on "MENGATASI GTM PADA ANAK DENGAN RESEP MASAKAN DARI YUMMY APP"
  1. Aduh kalau ngehadepin anak susah makan bikin kita stres ya mba apalagi kalau GTM. Kalau dipaksa makin GTM dia. Untungnya ada aplikasi Yummy ini bikin kita para orang tua slalu punya ide untuk terus bikin menu yang disukai anak. Jadi ngebanty banget ya

    ReplyDelete
  2. Wah ada aplikasi baru nih buat mencoba resep-resep masakan. Kelihatannya banyak resep yang bisa dicoba buat mengatasi anak-anak yang susah makan ya...

    ReplyDelete
  3. Makasih mba infonya. Sy tiap hari pasti buka website atau aplikasi masak, jd nambah deh referensi aplikasi masak yg mesti dikunjungi

    ReplyDelete
  4. Wah muffin bayam..
    Ini trik biar anak tetap suka makan sayur ya,, kece mamanya

    ReplyDelete
  5. Gak bingung lagi ya mau masak apa dengan bahan2 yang ada pastinya Yummy apps siap membantu untuk memasak yang yummy-yummy

    ReplyDelete
  6. Duh kalau anak GTM rasanya dunia permoodan mamak menjadi kacau balau. Anak ku kalau GTM dikasih makanan cepat saji baru deh mangap

    ReplyDelete