OMAH ANIN GUEST HOUSE BATU | TEMPAT MENGINAP NYAMAN DEKAT BATU SECRET ZOO

| on
January 28, 2020

Halo!

Teman-teman mama masih ingat tidak beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbagi cerita tentang pengalaman pertama kalinya main-main ke Batu Secret Zoo? Nah, di blog post kali ini saya ingin berbagi tentang tempat kami menginap sewaktu kami ke Batu. Penginapan ini tidak fancy, dan tergolong budget guest house. Kami memang tipikal keluarga yang jarang menginap di tempat yang fancy, biasanya karena memang menyesuaikan budget. Kalau kami berencana ingin mengunjungi tempat wisata maka kami biasanya memilih penginapan yang tergolong budget, namun jika ingin sekedar staycation, yaah sesekali boleh lah menginap di tempat yang lebih fancy :P (ini sih kode haha).

Omah Anin Guest House source: airyroom

Oke, jadi waktu itu kami menginap di Omah Anin Guest House. Letaknya tepat di seberang jalan Jatim Park 2. Dari Batu Secret Zoo kami hanya perlu berjalan sedikit, lalu menyeberang jalan ke sebuah gang perumahan yang merupakan lokasi Omah Anin Guest House. Omah Anin Guest House sendiri langsung terlihat kok dari pinggir jalan :) Menurut saya, Omah Anin Guest House adalah salah satu alternatif penginapan untuk yang sedang backpackeran ke Batu, Malang. Sebenarnya di dalam area Batu Secret Zoo juga ada hotel yang lebih fancy. Tapii, ya itu tadi, karena kami ke Batu dengan modal backpackeran, jadilah kami menginap di Batu Secret Zoo bagian geser sedikit :D

Source: airyroom

Kami check in di Omah Anin Guest House saat menjelang sore hari, setelah kami selesai berkeliling dari Batu Secret Zoo. Awalnya saya agak underestimated dan tidak ekspektasi yang bagaimana-bagaimana. Begitu check in, resepsionis menyampaikan bahwa kamar kami berada di lantai 3 (uwooww..) Lumayan juga ternyata menapaki anak tangga ke lantai 3, karena tipikal anak tangganya yang agak tinggi. Namun untuk Aliyah justru kesenangan karena sepertinya dia memang hobi berolahraga :') Kalau suami saya, cenderung diam saja, mungkin sambil menahan nafas yang ngos-ngosan karena sambil membawa ransel sekaligus menenteng stroller :D

Begitu sampai di lantai 3, saya yang tadinya agak underestimated mulai sadar kalau saya salah. Ternyata lantai 3 Omah Anin Guest House merupakan bangunan baru dengan desain yang sangat homey. Tembok bata yang dipoles dengan sangat baik, lantai keramik dengan motif tegel rasanya sangat nyaman sekali meski tergolong budget guesthouse.

Omah Anin Guest House lantai 3

Begitu masuk ke dalam kamar, ternyata kami dapat combo bed (ini istilah karangan saya sendiri sih :P). Kenapa combo bed? Karena kamarnya terdiri dari double bed dan single bed. Kami yang tadinya ingin mengajak serta mertua saya (tapi akhirnya tidak jadi) agak menyesal juga, sayang banget mama mertua tidak jadi ikut. Benar-benar recommended sih kalau kita ke Batu nya ramai-ramai.

Bedroom Omah Anin Guest House

Berhubung masih bangunan baru, jadi kondisi kamarnya sangat bersih. Fasilitas lainnya standar saja seperti televisi dengan channel lokal, AC yang masih baru dan kamar mandi dengan wastafel (yang ukurannya pas sekali dengan tinggi badan Aliyah), shower air panas dan dingin, plus gayung dan ember kecil (pardon the gayung dan ember lah ya :D)

Oh iya untuk shower nya, kebetulan kami dapat shower yang air panas nya tidak bisa di setting hangat, jadi panas nya sungguh-sungguh begitu. Mungkin ini adalah jawaban kenapa the gayung dan ember ada disitu, sepertinya untuk air hangat disilakan mengoplos sendiri antara air panas dan dingin di ember, hihi.

Bagian favorit saya, si ibu-ibu erte adalah di dalam kamar tersedia wastafel (seperti tempat cuci pirirng) dan termos air panas (membantu banget untuk teman-teman mama yang perlu memasak air untuk susu anak). Saya yang saat backpackeran selalu membawa banyak kotak makan (niat sekali nge bekel nya anda) tentu saja happy sekali bisa cuci-cuci tanpa ribet :)

Balkon Omah Anin Guest House

Bagian kedua favorit si ibu-ibu erte lainnya adalah balkon yang dilengkapi dengan jemuran. Lumayan sekali untuk menjemur baju berenang Aliyah dan bapaknya yang habis bermain-main di waterpark Batu Secret Zoo. Seandainya tidak ada jemuran, si ibu backpackeran akan kembali ke Sidoarjo Raya dengan tas ransel super berat karena isinnya baju basah :')

Oh iya, berhubung Omah Anin Guest House adalah budget guesthouse jadi harga menginap per malamnya tidak termasuk sarapan pagi. Kami pun sarapan dengan memesan makanan melaui aplikasi online, hehe. Meski kamar kami di lantai 3, ternyata ada hikmahnya juga.

Saat bangun pagi, kami bisa menyaksikan sunrise kota Batu yang cantik, dengan udara yang dingin alami, plus pemandangan Gunung Arjuna dengan siluet atap-atap rumah yang berbaris rapi. MasyaAllah...

Overall, kami sekeluarga senang menginap semalam di Omah Anin Guest House. Sangat sesuai dengan slogannya, A Comfy Room, ruangan nya benar-benar nyaman sih. Kalau pun ada kurangnya, sepertinya hanya kamar yang tidak tersedia lemari pakaian (untuk budget guest house ini masih wajar sih) garasi untuk parkir mobil yang hanya cukup untuk dua mobil saja. Kalau seperti kami yang ke Batu selalu menggunakan transportasi kereta api, tentu bukan masalah. Tapi kalau teman-teman mama berencana membawa kendaraan pribadi ke Batu, bisa dikoordinasikan lebih  dulu dengan pihak Omah Anin Guest House nya :) Satu lagi, setiap lantai di Omah Anin Guest House memilik tema yang berbeda-beda. Namun, jika teman-teman mama ingin tipe kamar seperti kamar kami, mungkin bisa mengajukan request lebih dulu :)

Omah Anin Guest House terletak di Jalan Cendrawasih no. A7-8 Kota Batu, Malang. Untuk pemesanan teman-teman mama dapat melalui aplikasi traveling. Kalau kami kemarin memesan via Airy Room dengan rate di kisaran Rp 250,000.

Semoga sharing saya bermanfaat ya :)

Selamat piknik!

20 comments on "OMAH ANIN GUEST HOUSE BATU | TEMPAT MENGINAP NYAMAN DEKAT BATU SECRET ZOO"
  1. Aku tandain dulu ah, pas banget ini nanti bulan Maret mau ke Malang. Belum lama ini lagi ngobrol sama temanku nanti kita nginep dimana ya, untung baca blogmu tentang Omah Anin Guest House.

2. MasyaAllah TabarakaAllah....🥰

3. Unik banget Mba, saya tuh heran, temen-temen kok ya nemu aja penginapan lucu dan unyu kayak gini, kami kalau ke Batu tuh muter-muter nggak nemu, emang kudet deh.
    makanya saya selalu mencatat hal-hal gini di notes, biar kalau ke tempat tersebut bisa jadi pilihan :)

ReplyDelete
  4. Semoga setelah baca review guest house batu ini, kami bisa segera kesana..kepengen ke batu secret zoo..terimakasih mba atas review nya

Replies
    1. tembok batanya unik ya. guest house di batu emang seru, gak hanya biar gampang ke secret zoo tp masih banyak obyek wisata lain di batu. pokoknya nginep semalam masih kurang

Delete
  5. Noted banget Mba..
    Kalo aku berencana nginap di batu bakalan ke sini nih.. omah Anin

ReplyDelete
  6. Desain guest housenya bagus mbaaa :D saya paling suka konsep bricks pada suatu rumah, pokoknya kalau pakai bricks pasti bagus karena never fails :)) ratenya juga affordable yaaa, thanks for the review. Jadi ada tambahan option kalau ke Batu, Malang <3

7. Guest house yang nyaman seperti datang ke rumah omah, omah anin di batu. Walau bermalam tidak lama tapi inilah yang akan membuat kita bahagia bisa istirahat dengan harga terjangkau

8. Tempatnya kece ya jeng..
    Aku suka interiornya...
    Harganya juga terjangkau ya

ReplyDelete
  9. wah, 250 ribu dapat family room begitu. Hemat tuh! Bisa untuk aku yang anaknya sudah gede ya
    Noted tempatnya. Sayang cuma di parkiran aja ya, enggak ada tempat parkir yang cukup
    Tapi sunrisenya keren

ReplyDelete
  10. Dari luarnya adem kelihatannya, pas dapat foto koridor pun masih terang jadi makin seger. Eh pas toiletnya kok jadi berasa di rumah. Wah ini mah rekomendasi okeh banget mbak Ajeng.

11. Waaah homey banget, viewnya juga cakep. Harganya pun affordable. Kemarin pas ke Batu ngga jadi nginap euu, nginapnya di Malang, hehe.

12. tempatnya nyaman ya mom, di batu lagi ya. kalau ada rezeki kesana lagi, bisa nih jadi pilihan omah anin guest house

ReplyDelete
  13. suka banget liat kamar dengan interior bata begitu.. khas alam banget..mana luas kelihatannya dan harganya ramah kantong

14. Penginapannya cakep bangeeeet.. Interiornya cakep dengan dinding bata, udah kayak dirumah sendiri, plus view pemandangannya cakep juga. Jadi pengen nginep disana juga deh.. Tandain ah.

15. Pengen banget ke batu, bisa jadi rekomendasi nih kalo nginap disana. Aku belom pernah coba ngineo di guest house, selama ini carinya hotel. Ternyata guest house bersih juga ya

ReplyDelete
  16. Hotelnya cukup murah untuk fasilitas seoke itu. Jadi rekomendasi nih buat aku yg pengen banget ke batu zoo. Makasih mbak infonya..

17. Ya ampuun, guest housenya nyaman banget mbak, bisa betah berlama2 nih kalau saya kesana, apalagi ajak keluarga, so pasti mereka bakalan happy banget deh

18. Guest house nya unik banget yah bermanfaat banget kalo lagi cari guest house bisa jadi rekomendasi

ReplyDelete
  19. Menjadi salah satu tempat weekend dan jalan-jalan buat anak-anak ya mba. Dekat guest house dengan kebun binatang.