DIY COLORFUL AQUARIUM CARDBOARD

| on
November 21, 2018

Halo!

Di rumah lagi banyak stok kardus dari susu Aliyah dan sayang kalau dibuang. Akhirnya saya simpan walaupun lama kelamaan jadi numpuk juga :') Nah, kebetulan kemarin Aliyah lagi minta dibikinin mainan dari kardus. Dia sudah mulai peka tiap lihat kardus, bawaannya pengin dijadiin mainan :D

Okelah akhirnya jadi bebikinan sekaligus lagi dalam tahap mengurangi screen time untuk Aliyah (akhir-akhir ini Aliyah mulai suka nonton kartun di tv), dan entah kenapa juga Aliyah juga tiba-tiba tidak mau nonton tv. Jadilah sepanjang siang tv nya dimatikan :)

Back to si kardus (bahasa apa toh ini? :')) Awalnya bingung kardusnya mau diapakan. Terus buka pinterest dan sekilas lihat ada bebikinan aquarium dari kardus. Fix bikin aquarium, dan dimodif sedikit-sedikit jadi lebih norak :D

Cara bikinnya cukup mudah, dan siapa tau bisa Ibu buat juga di rumah sambil quality time sama anak :)

DIY AQUARIUM 

Bahan dan alat:

Kardus kotak susu/sepatu/sejenisnya
Cutter
Penggaris
Gunting
Pensil
Spidol
Lem / Isolasi ukuran sedang
Crayon/ pensil warna/ cat aclyric
Kancing/ manik plastik
Benang jahit 
Jarum


Cara membuat:

1. Potong salah satu sisi lebar kardus dengan cutter dan biarkan bagian sisi samping terbuka. Simpan sisa bagian kardus yang terpotong.




2. Potong sisa bagian kardus yang terpotong berbentuk persegi panjang dengan lebar -/+ 3 cm dan panjang yang disesuaikan dengan tinggi kardus. Buat dua potongan ya, untuk sisi kanan dan kiri kardus.


3. Tempel potongan persegi panjang di no.2 pada sisi kanan dan kiri kardus. Bisa pakai lem kardus atau isolasi ukuran sedang.




4. Gambar bagian background aquarium dengan menggunakan crayon/ pensil warna/ cat aclyric. Bisa gambar rumput laut, batu karang atau sesuai imajinasi Ibu dan anak saja ingin digambar apa :) Sebenarnya, akan lebih mudah jika cara ke-4 ini dilakukan saat bagian kiri-kanan kardus masih terbuka, hanya saya saja yang kelupaan dan terlanjur menempelkan sisi kanan dan kiri kardus lebih dulu :')
5. Iris bagian atas kardus dengan cutter menjadi 4 bagian irisan dengan jarak antar irisan masing-masing -/+ 1,5-2 cm. Irisan ini tujuannya untuk membuat jalur untuk kancing.


6. Buat pola gambar ikan, kepiting, atau binatang air lainya pada kardus sisa potongan, lalu gunting menjadi bentuk hewan. Biarkan anak yang menggambar atau mewarnai hewan air nya :)


7. Masukkan benang jahit ke dalam lubang kancing seperti akan menjahit kancing pada baju. Tusukkan jarum pada jalur yang sudah dibuat di no.5


8. Kancing akan secara otomatis tersangkut di jalur. Lalu tusukkan jarum pada bentuk hewan di no.6 dan ikat ujungnya. Lakukan sampai semua bentuk hewan telah tergantung dengan baik :)


Jadi deh, DIY AQUARIUM nya :) Aquariumnya bisa ditempelkan di tembok atau diletakkan di meja. Cara mainnya dengan menggeser kancing ke kanan kiri seolah-olah ikannya sedang berenang. Kalau punya mainan bentuk bintang atau mainan laut lainyya boleh diletakkan di dalamnya untuk menambah daya imajinasi anak :)

Punya Aliyah ditambahin bintang laut dan pom-pom yang ceritanya jadi makan ikan :)

Aliyah suka sekali mainnya, sambil berimajinasi ikannya lagi jalan-jalan terus berpapasan dengan ikan lainnya. Saat saya tanya "Ikan nya mau ke mana, Yaya?" "Ikannya, jalan-jalan ke Royal, ma (salah satu mall di Surabaya)" :D

Ada yang pernah bebikinan aquarium dari kardus juga ga? Yuk share cara buatnya disini :)

Semoga sharing saya bermanfaat ya.

Selamat bermain dan Have Fun!

RELATED POST: DIY: RAINBOW TRACK


Be First to Post Comment !
Post a Comment