Pinjam Buku Online Surabaya | @pinjambukuanakdarrel

| on
March 22, 2019

Halo!

Beberapa waktu lalu saya pernah posting tentang Buku Real Mom Real Journey karya Elvina Lim Kusumo.  Buku Real Mom Real Journey tersebut tidak saya beli, melainkan saya pinjam dari salah satu akun di Instagram @pinjambukuanakdarrel. Nah, di postingan kali ini saya ingin cerita tentang pengalaman meminjam buku online di @pinjambukuanamdarrel :)


Meminjam buku secara online dapat dikatakan merupakan salah satu alternatif pilihan dalam proses mengenalkan budaya membaca pada anak. Biasanya buku-buku yang kita/anak baca kebanyakan milik sendiri alias kita beli, atau berkunjung ke perpustakaan kota/perpustakaan keliling, atau bahkan membaca saat sekedar jalan-jalan ke toko buku. Namun,  dengan  meminjam buku secara online,  maka semakin banyak pilihan variasi buku yang dapat kita kenalkan pada anak :) 

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang harus punya strategi dalam mengatur keuangan keluarga terutama arus kas keluar :'D, maka meminjam buku secara online seperti sumber air di tengah padang gurun bagi saya, hahaha. Saya jadi punya banyak pilihan variasi buku untuk saya dan Aliyah, namun disisi lain saya dapat menghemat anggaran belanja buku :)

Pertama kali tau tentang @pinjambukuanakdarrel dari akun Instagram mbak Iput @iburakarayi yang juga baru saja membuat akun pinjam buku online. Mbak Iput merekomendasikan @pinjambukuanakdarrel untuk peminjaman buku online di daerah Surabaya dan sekitarnya. Saya langsung excited, karena lumayan banget kan, masih satu wilayah jadi bisa hemat di ongkir, hehe.

Setelah melihat-lihat feeds @pinjambukuanakdarrel, saya langsung tertarik untuk meminjam beberapa buku untuk saya dan Aliyah, dan satu mainan. Iya, di @pinjambukuanakdarrel ternyata tidak hanya menawarkan peminjaman buku, tetapi juga mainan edukasi untuk anak. Poin plus banget, untuk kita yang ingin memberi variasi mainan edukasi untuk anak, tapi ga perlu beli, mengingat anak biasanya mudah bosan dengan mainan :')

Langsung deh saya dm ke @pinjambukuanakdarrel untuk mendaftarkan diri sebagai member. Owner nya mbak Heny baik banget. Saat meminjam kita akan dikenakan biaya keanggotaan sebesar 25 ribu/tahun. Hemat banget kan... Kita boleh meminjam berapa kali pun dalam setahun, suka-suka lah pokoknya. Sekali pinjam maksimal 4 buku atau 3 buku dengan 1 mainan untuk jangka waktu 2 minggu. Oh iya saat mendaftar kita diwajibkan untuk mengirimkan foto diri dan KTP yang berlaku.

Untuk peminjaman pertama saya, saya meminjam 2 buku untuk saya, Real Mom Real Journey & Revolusi Makan oleh Dr. Hiromi Shinya, 1 buku tentang angkan dan hitungan sederhana untuk Aliyah (Aliyah sendiri yang milih bukunya :')) dan 1 mainan edukasi superpegs. Karena saya meminjam dengan mainan yang ternyata ukurannya lumayan, saya kena ongkir 2 kg. Ongkos kirim saat meminjam dan mengembalikan keduanya ditanggung oleh peminjam ya :) Tinggal pinter-pinternya kita memilih ekpedisi yang hemat di kantong :)

Tidak ada tips khusus sih dalam meminjam buku secara online, yang paling penting adalah kita perlu hati-hati dalam menjaga buku dan mainan nya agar tidak rusak. Saya juga mengingatkan Aliyah saat sebelum mulai bermain, bahwa buku dan mainannya bukan miliknya, melainkan milik orang lain. Karena Aliyah hanya meminjam, jadi setelah selesai harus dikembalikan. Aliyah juga harus hati-hati dalam bermain karena buku dan mainannya milik orang lain. Mainannya perlu dijaga, disayang seperti mainan Aliyah yang lain. Alhamdulillah Aliyah mengerti, dan benar-benar bermain dengan hati-hati.

Oh iya, saya juga sempat overtime meminjamnya, karena belum selesai membaca buku Revolusi Makan karya Dr. Hiromi Shinya, hehe. Alhamdulillah mbak Heny baik banget, di @pinjambukuanakdarrel kita boleh overtime (tapi ga lama-lama banget juga ya) tapi harus konfirmasinya lebih dulu jika akan sedikit overtime.

Senang sih, sekarang sudah banyak banget alternatif bagi kita untuk menumbuhkan minat baca pada anak dan kita juga tentunya.

Anyway, ada teman-teman mama-mama yang juga punya pengalaman meminjam buku secara online? Atau punya informasi tentang tempat peminjaman buku yang lain? Yuk share sama-sama di sini :)

Semoga sharing saya bermanfaat yaa...

Selamat membaca!







8 comments on "Pinjam Buku Online Surabaya | @pinjambukuanakdarrel"
  1. wih recommended banget nih..
    skrg gak perlu beli buku deh, tinggal pinjem aja biar biayanya lebih hemat. lumayan kan budget beli buku nya bisa dialihkan buat beli susu anak. hehe (mental emak2) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii lumayan banget kan mbaa.. kurang2in pikiran emak buat ngatur pengeluaran :D terimakasih sudah mampir mba Thya :)

      Delete
  2. Wuuihh asik banget nih ...Jika ada yang buku yang pengen kita cari nggak perlu beli cukup sewa sesuai prosedur yang berlaku.. Thanks info menariknya mbak..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas :) semoga bermanfaat yaa, terimakasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Revolusi makan, jadi pengen baca bukunya juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bagus banget mba bukunya, salah satu rekomendasi bgt lah untuk kita yg mau mulai belajar menjaga kesehatan :) btw, terimakasih sdh mampir mba :))

      Delete
  4. Baru tau saya ada tempat pinjam buku online yang namanya mirip nama anak saya, Darrell hehehehe
    Hebat banget yang bikin usaha itu, secaraaaa, kalau ga hati2 bukunya bukan cuman rusak, tapi hilang gak dibalikin hehehe

    Tapi pinjam buku online kayaknya salah satu solusi suka baca tapi bete liat tumpukan buku di rumah.
    Lebih irit juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh lha iya baru ngeh jg aku mba, sama Darrel nya ya ternyata :))

      iya sih harus ekstra sabar dan ikhlas banget yang punya buku, hehehe

      oohh tentu sajaa.. sering cari cara spy lebih irit karna irit adalah nama tengah mama-mama :D

      Delete